Gaya Hidup

Mata Sering Kedutan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Minggu, 08 Oktober 2017 - 04:32 | 41.24k
ILUSTRASI. Penyebab mata kedutan. (FOTO: beautycaz.com)
ILUSTRASI. Penyebab mata kedutan. (FOTO: beautycaz.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orang pasti mengalami mata kedutan, entah sadar atau tidak. Mata kedutan sering diyakini sebagai pertanda yang akan terjadi di masa mendatang. Benarkah? Lalu, bagaimana mata bisa kedutan?

Dilansir dari Klik Dokter, mata kedutan adalah gerakan berkedip, atau kejang saraf yang terjadi pada kelopak mata bagian atas atau bawah. Biasanya, kondisi ini terjadi beberapa kali secara berulang, tak terkendali, dan hanya terjadi pada salah satu mata saja di satu waktu.

Penyebab Mata Kedutan, mengutip mayo clinic, mata kedutan biasanya terjadi karena ada kejang saraf di area mata. Terdapat beberapa faktor non-medis yang menjadi penyebab kondisi ini, di antaranya adalah kelelahan, stres, terlalu banyak kafein, dan iritasi.

Selain itu, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mata kedutan adalah kebiasaan begadang dan pola hidup tidak sehat, termasuk kurangnya asupan gizi sehari-hari.

Meski sebagian besar tidak berbahaya, mata kedutan pada tingkat yang lebih jauh bisa menjadi tanda dari penyakit. Namun hal ini jarang terjadi, dan biasanya akan diikuti dengan gejala-gejala lainnya. Beberapa kondisi medis yang dapat ditandai dengan mata kedutan, di antaranya adalah Bell’s palsy, Cervical dystonia, Dystonia, dan Multiple sclerosis.

Mata kedutan dapat sebenarnya menghilang dalam waktu yang relatif singkat. Namun, jika Anda merasa sangat terganggu, Anda dapat mengatasinya dengan memejamkan kelopak mata, dan mengistirahatkan penglihatan sejenak. Kiat sederhana lain untuk mengatasi kedutan adalah dengan mengompres mata.

Jika Anda mengalami kondisi ini berulang kali, atau kedutan yang terjadi hingga mengganggu penglihatan, jangan ragu untuk membawa diri ke dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES