Kesehatan

Hasil Penelitian, Ternyata Teh Panas Memicu Kanker

Minggu, 08 Oktober 2017 - 02:37 | 32.30k
ILUSTRASI. Minum teh. (FOTO: drinkhealthydrinks.com)
ILUSTRASI. Minum teh. (FOTO: drinkhealthydrinks.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menikmati teh dalam keadaan hangat atau panas bisa membuat pikiran kita lebih tenang dan badan menjadi lebih rileks. Meski nikmat, ternyata teh panas memiliki efek negatif untuk tubih lho. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak langsung menyeruput teh saat masih dalam keadaan panas. Karena hal ini ternyata bisa memicu datangnya kanker.

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan spesialis patologi anatomi bernama dr. Evalina Suzana yang berasal dari Rumah Sakit Kanker Dharmais menyarankan kita untuk tidak langsung meminum teh yang masih dalam kondisi panas. Pastikan untuk menunggunya hingga suhunya sekitar 80 derajat Celcius atau saat sudah hangat saja agar kandungan antioksidannya bisa keluar.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul BMJ, disebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi teh saat masih dalam kondisi panas bisa meningkatkan risiko terkena kanker esofagus, kanker yang menyerang saluran tenggorokan menuju ke perut.

Dalam penelitian yang dilakukan di Tehran University of Medical Sciences ini, pakar kesehatan Farhad Islami menyebutkan bahwa mereka yang suka minum teh panas cenderung meningkatkan risiko terkena kanker esofagus 8 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang suka minum teh hangat. Fakta ini didapatkan dari data yang didapatkan dari 300 orang yang menderita kanker esofagus dan 571 orang dengan kondisi sehat.

Berdasarkan fakta ini, jika mengonsumsi teh sebaiknya tunggu teh dalam keadaan hangat. Selain teh dapat terhindar dari risiko kanker, teh hangat lebih nikmat daripada teh panas. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES