Peristiwa Daerah

Dira Sugandi Bawakan Album Indonesia 1 di Ijen Summer Jazz

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 07:14 | 29.80k
Sri Hanuraga Trio feat Dira Sugandi tampil di Ijen Summer Jazz Festival. (FOTO: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Sri Hanuraga Trio feat Dira Sugandi tampil di Ijen Summer Jazz Festival. (FOTO: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sri Hanuraga Trio feat Dira Sugandi berhasil memukau penonton Ijen Summer Jazz dengan membawakan 9 lagu dari album Indonesia volume 1 mereka. Dalam penampilannya, Aga sapaan Sri Hanuraga, memainkan piano bersama Elfa Zulham pada drum dan Kevin Yosua pada bass.

Mula-mula trio itu tampil dengan aransemen atraktif, terutama dari piano, dengan membawakan lagu daerah asal Jawa Tengah berjudul Cublak-cublak Suweng. Di lagu kedua Dira Sugandi baru naik ke atas panggung dan melantunkan Kampuang nan Jauh di Mato.

Usai membawa lagu daerah asal Sumatera Barat itu, penyanyi Indonesia yang telah sering manggung di luar negeri itu mulai menyapa penonton.

"Album Indonesia memang kami buat khusus untuk lagu-lagu daerah di Indonesia. Volume 1 untuk Indonesia bagian barat, volume 2 untuk lagu daerah Indonesia bagian tengah yang sekarang sedang kita kerjakan, dan volume 3 untuk Indonesia timur," ujar Dira kepada TIMES Indonesia, setelah penampilannya, Jumat (6/10/2017) malam.

Pertunjukan musik ini digelar di Jiwa Jawa Resort, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang berada di lereng Gunung Ijen. Ampiteater layaknya gelanggang terbuka di luar ruangan menambah kesan suasana gunung bagi para penonton.

Selanjutnya, dengan kontrol vokal yang luar biasa, Dira membawakan lagu-lagu daerah yang lain. Diantaranya Tanah Air, Bubuy Bulan dari Provinsi Jawa Barat, Bungong Jeumpa dari Provinsi Aceh, Kicir-kicir dari Betawi, Bengawan Solo, Rayuan Pulau Kelapa hingga Manuk Dadali yang menggambarkan keperkasaan Indonesia.

Keseluruhan penampilan mereka, tidak hanya menonjolkan Dira sebagai vokalis. Di setiap lagu, Aga juga tampil di jeda-jeda syair dengan atraktif memainkan tuts-tuts kecil nada tinggi pada pianonya.

Sebelum Sri Hanuraga Trio feat Dira Sugandi, tampil juga Luanada feat. Matthew Sayersz, NonaRia feat. Bonita. Kesenian Barong Tamansari juga tampil sebagai pembuka acara.

BACA JUGA: Gandrung Sewu Jelaskan Perang Pejuang Banyuwangi Melawan Penjajah

Tak kalah serunya penampilan Student Jazz Banyuwangi yang merupakan pemenang dalan Student Jazz Festival tahun 2017 dari SMAN 1 Cluring, yang ternyata mendapatkan sambutan baik dari para penonton.

Esok acara dipastikan akan semakin seru dengan hadirnya Vina Panduwinata 'Si Burung Camar' feat Dian HP sebagai penampil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES