Gaya Hidup

Lingkar Pinggang Melebar Akibat Kurang Tidur, Benarkah?

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 04:29 | 90.74k
ILUSTRASI. Mengukur lingkar pinggang. (FOTO: bisikan.com)
ILUSTRASI. Mengukur lingkar pinggang. (FOTO: bisikan.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kurang tidur ternyata tidak hanya membuat Anda jadi mudah lesu. Kurang tidur ternyata juga bisa menaikkan berat badan Anda, sekaligus membuat lingkar pinggang Anda tambah lebar. 

Dilansir dari Hello Sehat, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Leeds Institute of Cardiovascular and Metabolic Medicine dan School of Food Science and Nutrition, pola tidur yang buruk bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa orang yang tidur rata-rata sekitar enam jam sehari memiliki lingkar pinggang yang lebih lebar hingga tiga sentimeter (cm) dibandingkan orang yang bisa tidur selama tujuh atau delapan jam semalam. Karena itu, wajar saja kalau kebiasaan begadang bisa membuat baju kesayangan Anda tidak muat lagi sekarang.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ternyata, kurang tidur membuat tubuh kesulitan melakukan metabolisme, yaitu proses yang terjadi ketika makanan dan minuman yang dikonsumsi diubah menjadi sumber energi bagi tubuh.

Saat kurang tidur, tubuh juga mengalami kesulitan dalam melakukan metabolisme karbohidrat. Karbohidrat bukannya diubah jadi energi, tapi hanya menumpuk dalam tubuh. Kondisi inilah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi, yang pada akhirnya mengakibatkan peningkatan resistensi insulin. Akhirnya kondisi ini bisa merambat jadi diabetes.

Peningkatan insulin merupakan sinyal bagi tubuh untuk menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak. Oleh karena itu, orang-orang yang secara terus menerus kekurangan tidur akan mengalami peningkatan risiko terkena diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi), obesitas, dan gangguan daya ingat.

Oleh karena itu, jika tak ingin berat badan terus menerus naik, bahkan lingkar pinggang bertambah lebar, tidurlah dalam waktu yang cukup. Selain menghindari obesitas, cukup tidur dapat membuat Anda lebih bugar dan sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES