Gaya Hidup

Tak Punya Waktu untuk Olahraga, Siasati dengan Cara Ini

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 06:12 | 29.59k
ILUSTRASI. Mengepel lantai dapat menguras kalori seperti olahraga. (FOTO: worldoffemale.com)
ILUSTRASI. Mengepel lantai dapat menguras kalori seperti olahraga. (FOTO: worldoffemale.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga penting dilakukan agar tubuh tetap seaht dan bugar. Selain itu, dengan Olahraga Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya. Meski olahraga sangat penting dilakukan, tetapi banyak orang yang melewatkan olahraga. Alasan yang paling sering menghalangi orang untuk berolahraga adalah kesibukan. 

Lalu bagaimana agar Anda bisa berolahraga meski sedang sibuk? Tak perlu khawatir, Anda bisa menyiasati olahraga dengan melakukan aktivitas rumah sebagai pengganti olahraga. Berikut ini enam aktivitas rumahan yang dapat Anda lakukan agar tubuh tetap bugar, dilansir dari Klik Dokter.

Mencuci Mobil atau Motor Sendiri
Sebelum berangkat kerja, bangunlah lebih pagi dan cuci sendiri kendaraan Anda. Aktivitas ini dapat Anda lakukan dengan ritme cepat, dengan diiringi musik yang dinamis untuk mempertahankan intensitas gerakan menyerupai olahraga. Lakukan sekitar setengah jam untuk memenuhi rekomendasi American Heart Association, yaitu aktivitas aerobik setidaknya 30 menit setiap hari.

Menyapu dan Mengepel Lantai
Aktivitas kedua yang menguras kalori dan mirip olahraga adalah menyapu serta mengepel lantai. Selain itu, mencuci baju juga cukup menguras tenaga. Walau demikian, aktivitas-aktivitas tersebut sebaiknya tetap dibarengi dengan jalan cepat. Misalnya, saat pergi ke swalayan, atau saat menjemput anak sekolah dengan jarak yang cukup terjangkau dengan jalan kaki.

Memandikan Hewan Peliharaan
Ingin membakar lemak setelah bangun pagi atau saat sore hari? Luangkan waktu untuk memandikan hewan peliharaan Anda. Tapi jangan dilakukan sambil duduk, ya. Anda dapat memandikannya sembari berdiri agar tubuh berkeringat.  

Berkebun
Bagi Anda yang hobi berkebun, ini kabar bahagia untuk Anda! Selain membuat halaman rumah menjadi indah, berkebun juga bisa membakar kalori sekitar 200–400 kalori per jam.

Naik Turun Tangga
Jika rumah Anda memiliki tangga, manfaatkanlah dengan naik-turun tangga setiap waktu. Selain membakar kalori, juga dapat mengencangkan otot paha dan anggota gerak lainnya. Lumayan, bukan?

Memasak
Memasak ternyata dapat membakar kalori sebanyak 75–111 kalori per 30 menit. Yuk, sisihkan waktu untuk memasak dengan pasangan Anda. Di samping bikin langsing, juga dapat menambah keharmonisan rumah tangga Anda.

Aktivitas rumahan tersebut adalah siasat yang dapat Anda lakukan untuk tetap aktif bergerak, di sela pekerjaan dan kesibukan sehari-hari. Namun, tetap usahakan untuk jogging, jalan cepat, berenang, atau bersepeda jika Anda memiliki waktu luang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES