Peristiwa Nasional

Cadangan Devisa Terus Meningkat Menjadi USD129,4 Miliar

Jumat, 06 Oktober 2017 - 21:36 | 30.50k
ILUSTRASI: Uang dollar. (Foto: Viva)
ILUSTRASI: Uang dollar. (Foto: Viva)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2017 tercatat USD129,4 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Agustus 2017 yang sebesar USD128,8 miliar.

"Peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa yang berasal dari penerimaan pajak dan devisa hasil ekspor migas bagian pemerintah, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman dalam pernyatanan persnya di Jakarta, Jumat (6/10).

Kenaikan penerimaan devisa tersebut, tambahnya, melampaui kebutuhan devisa.

"Terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo," katanya.

Dengan posisi cadangan devisa tersebut, dia menyatakan bahwa posisi tersebut cukup untuk membiayai 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Bank Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES