Gaya Hidup

Stres Tak Kunjung dapat Kerja, Lakukan Hal Ini

Jumat, 06 Oktober 2017 - 06:36 | 33.53k
ILUSTRASI. Sulitnya mencari pekerjaan dapat memicu stres. (Foto: hellomagazine.com)
ILUSTRASI. Sulitnya mencari pekerjaan dapat memicu stres. (Foto: hellomagazine.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Buktinya, masih banyak jumlah orang yang belum memiliki pekerjaan, alias menganggur. Berdasarkan hasil catatan Kementerian Ketenagakerjaan tahun 2016, ada sekitar tujuh juta orang di Indonesia yang masih menganggur. Akibatnya, hal ini bisa menimbulkan kesehatan mental para masyarakat yang masih berusaha mendapatkan pekerjaan.

Contoh masalah kesehatan mental yang disebabkan oleh menganggur adalah stres dan depresi. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, tak jarang orang yang mengalami stres dan depresi bisa berujung bunuh diri.

Meski demikian, Anda bisa mencegah dan mengatasinya. Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mengelola stres saat mencari pekerjaan? Simak tiga hal penting berikut ini seperti dilansir dari Hello Sehat.

Jangan Mengurung Diri
Memang, adanya rasa minder ketika belum mendapatkan pekerjaan akan memengaruhi Anda untuk malas dan enggan keluar rumah. Padahal, hal ini terbilang salah. Anda malah dianjurkan untuk lebih banyak berinteraksi dengan bersosialisasi dengan masyarakat atau hal lain di luar sana. Anda pun bisa melakukannya dan mendapatkan banyak manfaat dengan berbagai cara, misalnya kursus keahlian dan menjadi relawan.

Atur Rencana Keuangan
Siapa yang tidak khawatir dengan masalah keuangan saat sumber mata pencaharian tetap belum ada. Daripada Anda galau dan tidak menghasilkan hal apapun, ada baiknya Anda mulai mengatur rencana keuangan. Catat dan tuliskan biaya-biaya yang Anda khawatirkan. Luangkan waktu untuk membuat anggaran. Dengan begitu, Anda tidak akan tiba-tiba kaget dan stres berat ketika uang di tabungan sudah benar-benar mepet.

Refleksi Diri
Anda juga perlu melakukan refleksi diri di sela-sela mencari pekerjaan. Refleksi diri atau bercermin pada diri sendiri bisa menjadi salah satu hal yang bisa mencegah stres mencari kerja. Sambil intropeksi diri, Anda juga bisa mengistirahatkan diri dengan melakukan hal yang Anda suka. Coba mulai dari hal kecil, contohnya membersihkan kamar, berkebun, atau menggeluti hobi yang Anda miliki. Hal itu bisa menjauhkan Anda dari stres mencari kerja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES