Kesehatan

Wah, Tidur Cukup Bermanfaat untuk Kesehatan Otak Lho

Jumat, 06 Oktober 2017 - 03:49 | 26.52k
ILUSTRASI. Tidur nyenyak. (Foto: mamiverse.com)
ILUSTRASI. Tidur nyenyak. (Foto: mamiverse.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mencukupi jam tidur sehari-hari tidak hanya wajib bagi anak-anak, tapi juga bagi orang dewasa. Hal ini karena tidur cukup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan menjaga kesehatan otak. Menurut National Sleep Foundation, cukup tidur di malam hari pada orang berusia 18-64 tahun dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut manfaat tidur untuk otak dan penjelasan mengapa cukup tidur dapat menjaga kesehatan otak.

Meningkatkan Daya Ingat
Cukup tidur membuat hubungan antar sel otak dalam memindahkan informasi menjadi lebih optimal. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat Anda.

Mengurangi Risiko Alzheimer
Alzheimer adalah suatu kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan bicara dan berpikir. Di dalam otak, terdapat suatu sistem bernama glymphatic. Sistem ini bekerja lebih aktif saat tidur, untuk membuang racun-racun yang ada di dalam otak. Selain dapat membuat otak bekerja lebih cepat dan akurat, proses tersebut juga turut menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Membuat Otak Lebih Kreatif
Tidur Anda dibagi menjadi fase-fase tertentu. Tidur dengan cukup dan berkualitas akan membawa Anda pada fase tidur bermimpi. Ternyata fase ini bukan tanpa manfaat. Fase tidur bermimpi (Rapid Eye Movement) membuat otak bekerja lebih kreatif.

Atas alasan tersebut, para ahli menyarankan Anda untuk cukup tidur di malam hari, yakni selama 7-8 jam. Dengan demikian, kesehatan otak Anda dapat terus terjaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES