Gaya Hidup

Jeruk Nipis Dapat Menurunkan Kecanduan Rokok, Benarkah?

Kamis, 05 Oktober 2017 - 02:21 | 141.84k
ILUSTRASI - Tips berhenti merokok (Foto: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Tips berhenti merokok (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berhenti merokok memang bukan hal yang mudah dilakukan. Buktinya, meskipun kampanye berhenti merokok terus digalakkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, dalam realitanya jumlah perokok di Indonesia masih sangat tinggi.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI tahun 2016, jumlah perokok di Indonesia mencapai 36,4 persen dari total populasi seluruh Indonesia. Yang menjadi masalah adalah cukup banyak anak-anak atau remaja yang kini juga ikut merokok.

Meski Anda belum bisa menghentikan kebiasaan merokok, sebaiknya Anda tetap berupaya menjaga kesehatan. Anda bisa mencoba mengonsumsi jeruk nipis yang diyakini mampu membersihkan organ paru-paru.
 
Dilansir dari Dokter Sehat, dalam sebuah penelitian yang dilakukan dengan memakai alat GC-MS, diketahui bahwa air perasan jeruk nipis bisa menurunkan kadar zat kimia berbahaya seperti nikotin hingga 70 persen. Bahkan, pakar kesehatan yakin jika kandungan air perasan jeruk nipis ini bisa menurunkan kecanduan pada rokok.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya juga bisa berperan sebagai antioksidan pada tubuh yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit, termasuk kanker.

Melihat adanya fakta ini, para perokok sebaiknya mulai rutin mengkonsumsi air perasan jeruk nipis. Namun yang lebih penting adalah sebisa mungkin segera berhenti menghisap rokok jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES