Gaya Hidup

Awas Kebiasaan Ini Sebabkan Kulit Wajah Keriput

Kamis, 05 Oktober 2017 - 05:16 | 21.25k
ILUSTRASI - Tips agar wajah tidak mudah keriput (Foto: maralife)
ILUSTRASI - Tips agar wajah tidak mudah keriput (Foto: maralife)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kulit wajah keriput? Pasti Anda tidak menginginkannya. Namun, seiring pertambahan usia, keriput yang merupakan tanda penuaan pasti akan muncul.

Salah satu yang sering terjadi adalah keriput pada bagian bawah mata maupun kulit bagian pipi yang terlihat lebih kendur. Untuk mengatasi kulit keriput, sering kali para wanita melakukan perawatan.

Sebenarnya usia bukanlah satu-satunya penyebab kulit keriput. Kebiasaan yang dilakukan setiap hari juga dapat menjadi penyebabnya. Dilansir dari berbagai sumber, ini kebiasaan sehari-hari yang memicu kulit keriput.

Mencuci Wajah dengan Sabun Badan

Banyak wanita yang memilih mencuci wajah dengan sabun badan. Namun, kondisi kulit wajah dengan kulit badan tentulah berbeda. Untuk itu, wajah membutuhkan perawatan khusus. Menggunakan sabun badan, akan mengganggu keseimbangan pH dan asam kulit wajah dan menjadikan kulit tampak buruk. Pori-pori Anda akan tampak lebih besar, dan sabun wajah tidak maksimal dalam mengangkat kotoran pada wajah.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Terlalu sering mencuci wajah ternyata bukan hal yang baik, terlebih jika menggunakan sabun. Bahan kimia pada sabun, maupun pada air ledeng dapat menyebabkan infeksi. Wajah tidak perlu dicuci sesering mungkin, karena wajah dapat mengatur dan memproduksi minyak secara otomatis.

Diet

Diet yang dilakukan dengan benar dan penuh perhitungan sebenarnya sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Namun yang sering terjadi ialah diet yang dilakukan dengan asal-asalan tanpa pengetahuan khusus dan tidak sesuai dengan nasihat dari ahli gizi. Akibatnya kebutuhan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi.

Kekurangan vitamin dan mineral akan membuat kulit menjadi kekurangan nutrisi yang berakibat kulit menjadi kusam, keriput, dan berkerut.

Posisi Tidur

Tanpa kita sadari, seringkali saat kita tertidur dengan posisi miring, kulit wajah kita yang bersentuhan dengan bantal dapat menyebabkan bekas di kulit. Ternyata jika terjadi berulang kali, hal ini  bisa menyebabkan timbul garis halus, lalu menjadi garis yang lebih tajam, dan akhirnya kulit menjadi keriput penuh kerutan.

Begadang

Kurang istirahat apalagi karena begadang akan membuat kulit menjadi pucat dan terlihat kusut. Jika dilakukan terus menerus, hal tersebut dapat membuat kulit di daerah bawah mata atau lingkar mata menjadi kendur dan lama-kelamaan akan timbul keriput. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES