Peristiwa Daerah

Kemarau, Produksi Pangan di Lamongan Aman

Rabu, 04 Oktober 2017 - 15:44 | 21.66k
Petani di Kabupaten Lamongan tetap menanam padi di musim kemarau, Rabu (4/10/2017). (Foto: Dok TIMES Indonesia)
Petani di Kabupaten Lamongan tetap menanam padi di musim kemarau, Rabu (4/10/2017). (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Petani di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, sudah melakukan langkah antisipasi di masa musim kemarau tahun 2017 ini, agar tanaman mereka tidak kekurangan pasokan air.

“Para petani sudah mengantisipasi terkait minimnya ketersediaan air dengan membuat sumur, sehingga kami meyakini kalau tidak ada sumber air, para petani juga tidak berani menanam," kata Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lamongan, Rujito, Rabu (4/10/2017).

Lebih lanjut Rujito menjelaskan, pembuatan sumur air tersebut sudah dilakukan petani sebagai antisipasi kekurangan pasokan air saat musim kemarau, terutama pada sawah tadah hujan.

“Contohnya petani di Kecamatan Turi, tetap banyak menanam padi dan sumber airnya dari air tanah dengan menyedot pakai pompa,” ucapnya.

Menurut Rujito, melakukan pola tanam dengan tidak berdasarkan hujan tapi karena pertimbangan faktor ketersediaan air di musim kemarau juga cukup menguntungkan petani. “Saat musim kemarau juga lebih sedikit serangan hama. Kalaupun ada hama, masih bisa diatasi,” tuturnya.

Di sisi lain, terkait ketersedian stok pupuk dan pemberian subsidi tani dan penyaluran kredit di bidang usaha pertanian serta sebagai database sektor pertanian, Pemkab Lamongan juga sudah menerbitkan kartu tani.

Kartu Tani di Kabupaten Lamongan ini diterbitkan bekerjasama dengan lembaga perbankan nasional, yang targetnya bisa dinikmati 121.335 orang petani. Bahkan, untuk memudahkan petani mengakses fasilitas kartu tani, Pemkab Lamongan juga sudah menggandeng 259 kios pengecer pupuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES