Kesehatan

Tetap Sehat di Usia Lanjut, Ini Tipsnya

Rabu, 04 Oktober 2017 - 04:22 | 29.33k
ILUSTARSI - Tips tetap sehat di usia lanjut (Foto: silversurfers.com)
ILUSTARSI - Tips tetap sehat di usia lanjut (Foto: silversurfers.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang baik yang berusia remaja maupun usia lanjut (lansia). Bagi lansia, menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat juga wajib dijalankan agar mereka dapat berumur panjang dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berikut beberapa cara menyiasati tubuh agar tetap sehat di usia lanjut dilansir dari Klik Dokter.

Tidur Cukup

Istirahat harus dilakukan secara teratur agar kondisi tubuh dapat tetap prima dan terhindar dari stres. Di samping itu, tidur yang cukup dapat membantu untuk meregenerasikan sel-sel yang rusak dan membangun kembali tenaga yang telah terpakai.

Minum Air Putih

Fungsi ginjal yang mulai menurun dan proses penyerapan cairan yang melambat menyebabkan kondisi dehidrasi kerap kali terjadi pada lansia. Karena itu, memastikan cairan tubuh tercukupi, selain baik untuk kesehatan ginjal juga dapat menjaga kelembapan kulit.

Jalan Kaki Setiap Pagi

Olahraga tetap wajib dilakukan guna menjaga kebugaran tubuh. Kondisi fisik yang mulai menurun tentunya tidak bisa dipaksakan untuk melakukan olahraga berat. Cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki minimal 15 menit di sekitar komplek, dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Perbanyak makanan yang mengandung vitamin atau mineral seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, daging dan susu.

Hindari Stres dan Perbanyak Tertawa

Berkurangnya aktivitas kadang membuat para lansia jadi bosan dan menimbulkan stres. Karena itu, sebaiknya perbanyak senyum dan tertawa yang nantinya akan meningkatkan hormon endokrin dimana dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Aktif Beraktivitas dan Bersosialisasi

Walaupun kekuatan fisik mungkin mulai terbatas, namun memiliki kesibukan dan bertemu banyak orang serta melakukan kegiatan yang disenangi dapat berdampak positif bagi kesehatan. Hal ini penting untuk terus merangsang fungsi otak dan mempertahankan daya ingat.

Kontrol Kesehatan Secara Rutin

Memeriksakan kesehatan tubuh yang meliputi fungsi organ tubuh, pemeriksaan darah, rekam jantung dan sebagainya juga sangat disarankan. Hal ini agar dapat mendeteksi lebih awal apabila ditemukan kondisi yang menunjukkan gejala sebuah penyakit. Sehingga, dapat diberikan pengobatan lebih awal.

Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar tak ada batasan baik yang usia muda maupun usia lanjut. Karena itu, rutinlah berolahraga untuk mencapai semua itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES