Kesehatan

Ini Akibatnya Tubuh Kekurangan Vitamin A

Rabu, 04 Oktober 2017 - 05:31 | 78.99k
Ilustrasi - Makanan yang mengdandung Vitamin A (Foto: Kesehatan96, ahlimata)
Ilustrasi - Makanan yang mengdandung Vitamin A (Foto: Kesehatan96, ahlimata)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Vitamin sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun meski sangat dibutuhkan, ternyata masih banyak yang sering melupakan vitamin.

Salah satu vitamin yang sering terabaikan adalah vitamin A. Vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, dan hanya bisa didapat lewat makanan. Vitamin A banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan ini memegang peranan penting. Bukan hanya untuk kesehatan mata, vitamin ini juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lalu apa bahayanya? Dilansir dari Hello Sehat, berikut bahayanya jika tubuh kekurangan vitamin A.

Daya Tahan Tubuh Menurun

Selain berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, tercukupinya vitamin A dalam tubuh juga berfungsi penting untuk menjaga dan bantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ini bisa mengakibatkan gangguan pada kulit dan rambut, bahkan melemahnya sistem imun tubuh.

Gangguan Penglihatan

Ketika tubuh Anda kekurangan vitamin A, hal ini akan berdampak pada penglihatan Anda, contohnya seperti mata kering (xeropthalmia),

Anda juga harus tahu, bahwa kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan yang sebetulnya dapat dicegah pada anak-anak di seluruh dunia. Diperkirakan, ada sekitar 200.000 sampai 500.000 anak di negara-negara berkembang yang menjadi buta setiap tahunnya karena kekurangan vitamin A. Sedangkan sebagian dari anak yang mengalami kebutan tersebut, meninggal dalam waktu setahun setelah kehilangan penglihatan mereka.

Mengganggu Perkembangan Janin

Selain anak-anak, ibu hamil pun menjadi golongan yang rentan mengalami kekurangan vitamin A. Risiko ini paling tinggi dialami saat trimester ketiga, di mana pertumbuhan janin berlangsung dengan pesat. Namun demikian, ini bukan berarti ibu hamil bisa seenaknya mengonsumsi suplemen vitamin A. Perlu diingat, bahwa konsumsi vitamin A yang sembarangan hingga berlebih justru dapat membahayakan janin.

Makanan apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh?

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin A harian dari berbagai sayur mayur yang berwarna hijau ataupun gelap. Vitamin A dalam jumlah tinggi bisa ditemukan misalnya dalam ubi, wortel, kangkung, bayam, dan daun selada.

Selain sayuran, beberapa jenis buah-buahan tertentu juga dapat menjadi sumber vitamin A yang baik untuk tubuh. Di antaranya adalah buah mangga, semangka, pepaya, jambu biji, dan buah delima. Buah-buahan ini kaya akan karoten yang penting untuk kesehatan mata yang optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES