Kesehatan

Awas, Ini Tanda Kanker Payudara pada Pria

Rabu, 04 Oktober 2017 - 02:27 | 28.73k
ILUSTRASI - Waspada Kanker Payudara pada Pria (Foto; nbc24.com)
ILUSTRASI - Waspada Kanker Payudara pada Pria (Foto; nbc24.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meskipun kerap dianggap sebagai penyakit yang sangat mematikan bagi wanita, dalam realitanya kanker payudara juga bisa menyerang pria. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kasus kanker payudara pada pria ini lebih sering menyerang mereka yang berusia lebih dari 60 tahun. Hanya saja, bukan berarti mereka yang lebih muda bisa dengan mudah menyepelekan hal ini. 

Berikut adalah beberapa tanda dari kanker payudara pada pria yang wajib untuk diwaspadai, dilansir dari Dokter Sehat.

Benjolan pada Dada
Sebagaimana yang muncul pada wanita, kanker payudara juga bisa dideteksi dengan adanya benjolan. Biasanya, benjolan yang muncul ada di satu sisi payudara dan berkembang di sekitar atau bagian bawah putting. Awalnya, benjolan ini terasa keras atau kenyal dan tidak menimbulkan rasa sakit namun terus membesar.

Puting yang Terbalik
Jika puting susu pria berada dalam kondisi terbalik atau masuk ke dalam, bisa jadi hal ini adalah tanda dari kanker payudara.
 
Ruam di Sekitar Puting
Ruam yang muncul di sekitar puting yang tidak segera menghilang bisa jadi adalah tanda akan kanker payudara. Jika ruam-ruam ini mengkerut atau mengalami iritasi, hal ini juga merupakan tanda dari penyakit ini.

Keluarnya Cairan
Puting susu pria seharusnya tidak mengeluarkan cairan apapun. Jika ada cairan yang keluar, apalagi yang disertai dengan darah, maka hal ini bisa jadi adalah tanda dari kanker payudara.

Pembengkakan
Jika bagian puting susu atau kulit di sekitarnya terasa lebih keras, kemerahan, dan membengkak, bisa jadi hal ini adalah tanda dari kanker payudara. Kita juga patut waspada jika di sekitar puting susu terasa gatal-gatal dan bersisik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES