Peristiwa Daerah

Ilyushin II-14 Avia di Lanud Abd Saleh Diboyong ke Yogyakarta

Selasa, 03 Oktober 2017 - 19:24 | 41.57k
Pesawat Ilyushin II-14 Avia yang akan dipindahkan dari Malang menuju ke Yogyakarta. (foto: Pentak Lanud Abd Saleh)
Pesawat Ilyushin II-14 Avia yang akan dipindahkan dari Malang menuju ke Yogyakarta. (foto: Pentak Lanud Abd Saleh)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pesawat Ilyushin II-14 Avia yang merupakan pesawat legendaris angkut sedang TNI AU, akan segera diboyong ke Museum TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Pesawat angkut sedang tersebut saat ini berada di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Pesawat Avia ini akan melengkapi  koleksi di Museum TNI AU Dirgantara Mandala dan termasuk dari 16 pesawat yang akan menjadi penghuni baru.

Menurut keterangan Perwira Proyek (Payek) Mayor Tek I Wayan Adi Dharmadi ST MT, pesawat ini akan didistribusikan ke Yogyakarta melalui perjalanan darat.

“Kami akan survei perjalanan darat dari Malang hingga Yogyakarta. Jangan sampai perjalanan terhambat karena permasalahan teknis seperti yang terjadi pada pesawat yang lain,” ucapnya, Selasa (3/10/2017).

Pesawat yang mempunyai bobot 12.600 kilogram dan berat saat take off 18 ribu kilogram akan diangkut kendaraan tiga trailer.

"Menurut hasil survey kemungkinan akan mulai pada malam hari dan menempuh waktu hingga 12 jam apabila lancar,” ucapnya.

Jika dilihat dari sejarahnya, pesawat Ilyushin II-14 Avia bisa digerakkan untuk angkutan taktis militer dan bisa difungsikan pesawat sipil. Fungsinya masuk angkut sedang maka pesawat ini ditempatkan di Skadron 02 Lanud halim Perdana Kusuma. Pesawat Avia ini merupakan pengadaan periode 1958 sampai 1962 an dari Cekoslovakia.

Pesawat Ilyushin II-14 Avia memasuki akhir pengabdiannya berdasarkan pengarahan Kasau nomor 182/Pes/15/1975 tanggal 12 Juli 1975. Pesawat jenis ini juga ada yang digunakan pesawat kepresidenan dengan nama Dolok Martimbang Indonesian Air Force One, yang sempat ditinjau Presiden Soekarno di Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES