Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Kwarnas Gerakan Pramuka Gelar Lomba Tingkat V

Selasa, 03 Oktober 2017 - 12:04 | 187.49k
(Foto: AJP/TIMES Indonesia)
(Foto: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan menggelar Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima V (LT V) di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada 22-28 Oktober 2017. Kegiatan ini mengangkat tema Persaudaraan, Mandiri dan Prestasi.

"Tema itu dipilih karena Pramuka ingin secara nyata mempraktikkan persaudaraan dalam kebinekaan. Oleh karena itu, meskipun lombanya beregu, namun skenario kegiatan lombanya dalam pasukan terdiri dari beberapa regu," ujar Wakil Ketua Kwarnas S. Budi Prayitno di Jakarta, Senin (2/11)

Melalui Lomba Tingkat V, anggota Gerakan Pramuka akan belajar mandiri dalam mengurus diri sendiri, regu dan pasukan. Sehingga jika salah satu regu mendapat prestasi terbaik, maka mereka ikut bangga dan merasa memiliki.

Kwarnas-2yftns.jpg

"Karena tanpa kekompakan dan kemandirian pasukan, regu tidak memiliki makna apa-apa," terang pria kelahiran Jawa Tengah itu.

Dalam lomba ini, satu regu akan berprestasi jika mendapatkan kejuaraan terbanyak dari lomba yang diadakan. "Setiap hari nama-nama pemenang akan diumumkan dalam apel pagi serta regu dan pasukan tergiat akan mendapat vandel yang dikalung pada tongkat adik-adik," terangnya.

Kwarnas-3hMedY.jpg

Peserta Lomba Tingkat V adalah utusan dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Mereka merupakan pemenang dari Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT IV) yang diadakan Kwartir Daerah seluruh Indonesia.

Berikut ini materi Lomba Tingkat V:
1. Pendaftaran (adm packing, pendirian tenda)
2. Kreasi Dasar
3. Kreasi Bangsa
4. Cerita Kemah
5. Kreasi Saudara
6. Cerita Unggun
7. Ekspedisi
8. Kreasi Rancang Bangun
9. Pesta Pramuka
10. Kreasi Teknologi Tepat Guna
11. Kreasi Seni
12. Kreasi Inspirasi
13. Kreasi Pemimpin
14. Focus Group Discussion
15. Karnaval Budaya
16. Festival Kuliner. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES