Peristiwa Daerah Hari Batik Nasional 2017

Hari Batik Nasional, Pengrajin Batik Khas Situbondo Banjir Order

Senin, 02 Oktober 2017 - 18:50 | 361.22k
Jenis Batik khas Situbondo dengan motif karang dan biota laut. (Foto: Uday/TIMES Indonesia)
Jenis Batik khas Situbondo dengan motif karang dan biota laut. (Foto: Uday/TIMES Indonesia)
FOKUS

Hari Batik Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peringatan hari Batik Nasional menjadi berkah bagi para pengrajin batik di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Mereka kebanjiran order kain batik dari beberapa instansi dan OPD di Lingkungan Pemkab Kabupaten Situbondo. 

Seperti yang diceritakan oleh Hj. Mulyana, S.Pd, pemilik Butik Batik Radiyah yang ada di Jalan Kenanga Timur DPRD Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. 

Mulyana mengatakan, ia kerap mendapatkan pesanan kain batik khas Situbondo untuk keperluar seragam dinas.

Batik-Situbondo-2IESiH.jpgJenis Batik khas Situbondo dengan motif karang dan biota laut. (Foto: Uday/TIMES Indonesia)

Mulyana mengaku bahwa batik Situbondo hasil produksinya meningkat berkat peran pemerintah kabupaten dalam hal ini, Bupati dan Wakil Bupati yang mengintruksikan pegawai daerah harus memakai batik dalam momentum kedinasan dan beberapa hari kerja. 

"Alhamdulillah, batik kami sudah banyak yang mesan, ini berkat intruksi Bupati dan Wakil Bupati kepada instansi pemerintah agar memakai batik khas Situbondo dan pada Harjakasi semua kantor di cat motif Batik," ucapnya kepada TIMES Indonesia, Senin, (02/10/2017.

Banyaknya berbagai instansi yang memesan, Mulyana mengaku sampai kewaahan. Seperti Rumah Sakit Abdoer Rahem yang sudah mengorder sebanyak 700 lembar. "Belum lagi Kejaksaan Negeri, BKD dan OPD lainnya," ucapnya. 

Dia berharap kehadiran pemerintah dalam mendukung industri batik lokal lebih ditingkatkan agar batik khas Situbondo semakin berkembang.

"Pemerintah harus lebih memperhatikan pengrajin batik dan memberikan fasilitasi terhadap perkembangan batik Situbondo, baik itu promosi dan pasarnya," ucapnya.

Sebagai informasi, batik khas Kota Santri Bumi Sholawat Nariyah banyak menampilkan motif hasil laut, seperti motif karang, kerang, ikan kerapu dan hasil laut lainnya mengingat Situbondo memang wilayah dengan kekayaan laut melimpah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES