Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Pemkab Bondowoso Bangun Akses Jalan Hubungkan Solor dengan Ijen

Senin, 02 Oktober 2017 - 15:08 | 45.74k
Karna Suswandi (tengah) saat menunjukkan rencana pembangunan infrastruktur jalan Batu Susun kepada Bupati Amin Said Husni (kanan) dan Ketua DPRD Bondowoso Achmad Dhafir (kiri) (Foto: Sofy/ TIMES Indonesia)
Karna Suswandi (tengah) saat menunjukkan rencana pembangunan infrastruktur jalan Batu Susun kepada Bupati Amin Said Husni (kanan) dan Ketua DPRD Bondowoso Achmad Dhafir (kiri) (Foto: Sofy/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka mendukung pengembangan kawasan wisata di Bondowoso, Pemerintah Kabupaten setempat saat ini tengah membangun akses jalan yang rencananya akan menghubungkan kawasan wisata Batu Susun di Cermee dan kawasan wisata Ijen di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Karna Suswandi menerangkan saat ini proses pembangunan jalan yang menghubungkan dua kawasan wisata itu masih berlangsung. Kata dia, pembangunan jalan ini menelan biaya sebesar Rp 11,038 miliat dengan panjang jalan 9,5 kilometer.

"Rencananya awal memang akan kita bangun jalan sepanjang 11 kilometer sehingga sampai Cermee. Namun karena ada beberapa kendala, dan mengacu pada pola pembangunan jalan Wali dimana drainase ikut kita bangun, maka kami menyelesaikan 9,5 kilometer terlebih dahulu," tutur Karna saat melakukan pemantauan pembangunan jalan di kawasan wisata Batu Susun, Senin (2/10/2017).

Bupati-Amin-DDkuAsq.jpg

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, yang juga ikut melakukan pemantauan mengatakan selain perbaikan infrastruktur jalan, Dinas lain seperti Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) juga akan dilibatkan dalam pembangunan fasilitas yang diharapkan menunjang aktivitas kepariwisataan di Batu Susun.

"Selain itu, desa juga kita libatkan dalam pembangunan kawasan wisata ini. Nantinya, dengan menggunakan dana desa (DD) tidak kurang dari 13 kilometer akan dibangun pipanisasi yang akan mengalirkan air ke kawasan wisata ini," kata Amin.

Kendati saat ini proses pembangunan masih belum 100 persen, Amin menyatakan jalan yang akan menghubungkan Cermee ke Ijen akan segera dirampungkan. Ia juga telah melakukan komunikasi dengan beberapa pihak seperti Perhutani selaku pemilik lahan.

"Potensi alamnya cukup bagus. Kedepan Batu Soon, akan menjadi destinasi wisata unggulan Bondowoso. Jalan dibangun supaya lebih nyaman pada masyarakat dan wisatawan," ujar Bupati asal Madura ini. 

Untuk diketahui, kawasan wisata Batu Susun menawarkan wisata baru purba mirip Stonehenge yang ada di Inggris.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES