Peristiwa Nasional Hari Batik Nasional 2017

Seskab: Batik Jadi Perekat Bangsa dan Simbol Persatuan

Senin, 02 Oktober 2017 - 12:17 | 24.81k
Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung (Foto: JAY/Humas)
Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung (Foto: JAY/Humas)
FOKUS

Hari Batik Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Batik sekarang jadi perekat bangsa sekaligus simbol persatuan. Batik mampu menghilangkan batasan strata sosial dan mampu menunjukkan semangat kolektivitas dan kebersamaan.

“Sekarang orang pakai batik hampir sama saja. Kalau dulu kan begitu orang memakai pakaian, pejabat dengan masyarakat itu kan beda. Kalau sekarang masyarakat ya pakai batik, pejabat pakai batik. Sehingga ini bagus untuk bangsa ini,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung di ruang kerjanya Kemensetneg, Jakarta (1/10),

Kata Seskab, dia sekarang tiap hari pakai batik. Bahkan hampir semua pejabat tinggi negara mengenakan batik, tidak lagi pakai safari.

Meski sekarang, 2 Oktober, adalah Hari Batik Nasional, katanya, masyarakat sebenarnya sudah pakai batik dalam kesehariannya. Batik sudah menjadi kebanggaan, dan memakai batik itu sudah seperti orang barat memakai jas dengan dasi.

"Batik sudah menunjukkan identitas bangsa Indonesia, yaitu bangsa yang sedang tumbuh menjadi bangsa yang besar dan tidak lagi terjebak sebagai bangsa kelas menengah," katanya.

Bahkan, lanjut Seskab, saat ini kepala-kepala negara dalam forum-forum internasional, sering pakai pakaian corak batik yang dibuat sendiri. "Bahkan para tamu dari negara lain yang datang ke kantor Seskab pun, seperti halnya Duta Besar, banyak yang mengenakan batik," tambahnya.

Dia meyakini jika masyarakat menghargai batik sebagai hasil karya anak bangsa sendiri, warisan budaya batik akan semakin mendunia. Karena kepercayaan diri memakai batik menjadi salah satu upaya untuk merawat warisan budaya bangsa.

“Bagaimanapun warisan budaya ini perlu  dirawat, dikembangkan, dan jangan sampai kemudian proses pengembangan itu hanya angin-anginan,” imbaunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES