Gaya Hidup

Meski Wangi, Ternyata Parfum Bisa Sebabkan Hal Ini Lho

Senin, 02 Oktober 2017 - 05:26 | 26.52k
ILUSTRASI. Parfum dapat memicu asma. (Foto: reference.com)
ILUSTRASI. Parfum dapat memicu asma. (Foto: reference.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meskipun memiliki aroma yang harum sehingga bisa menutupi bau badan, tidak semua orang ternyata suka dengan wangi parfum. Beberapa orang bahkan mengaku jika aroma parfum bisa membuat mereka sakit. Bagaimana bisa?

Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Kate Greenville. Seperti dilansir dari Dokter Sehat, dalam penelitian ini didapatkan fakta mengejutkan dimana 1 dari 3 orang ternyata mengalami masalah kesehatan berupa sakit kepala, mual-mual, ruam-ruam, dan asma gara-gara bau parfum yang menyengat.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2014 juga menyebutkan bahwa 75 persen kasus migrain yang dialami oleh kaum hawa ternyata disebabkan oleh aroma parfum.

Greenville menyebutkan bahwa sebagian besar parfum atau wewangian dibuat dengan bahan kimia buatan yang bisa memicu alergi bagi sebagian orang. Sebagai contoh, salah satu minyak esensial yang dipakai oleh banyak produk parfum adalah B-damascenone dan senyawa yang dibuat dari minyak esensial mawar. Selain itu, senyawa 1,8 – cineol yang bisa menghasilkan aroma layaknya pada minyak kayu putih ternyata cukup berbahaya bagi organ hati kita.

Mengingat ada dampak kesehatan yang bisa muncul akibat dari penggunaan parfum atau wewangian, sebaiknya memang kita tidak sembarangan menggunakannya. Apalagi jika kita memang memiliki riwayat alergi. Meski tidak memiliki riwayat alergi, jangan menggunakannya dengan berlebihan demi menghormati orang lain yang bisa saja terkena gejala seperti migrain, asma, dan masalah kesehatan lain gara-gara mencium bau parfum kita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES