Kesehatan

Benarkah Makanan Pedas Dapat Hilangkan Sakit Kepala?

Senin, 02 Oktober 2017 - 02:27 | 22.86k
ILUSTRASI. Makan cabe. (Foto: oldrake.co.uk)
ILUSTRASI. Makan cabe. (Foto: oldrake.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sakit kepala tak kunjung sembuh? Coba saja konsumsi makanan pedas. Sebagian masyarakat memang mempercayai makanan pedas dapat mengatasi sakit kepala. Hal ini karena makanan pedas, terutama yang dari cabai mengandung zat yang dapat meringankan sakit kepala.

Cabai mengandung kapsaisin, suatu zat yang memberikan rasa pedas. Kini bukti ilmiah menunjukkan, kapsaisin dapat membuat tubuh menjadi tidak sensitif terhadap nyeri dan menekan rasa sakit. Fakta inilah yang mendasari kenapa makanan pedas sering dianjurkan untuk mengatasi sakit kepala.

Dilansir dari Klik Dokter, sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology menyebutkan, penggunaan semprotan kapsaisin hidung (nasal spray) dapat mengurangi sakit kepala seperti migrain dan sakit kepala klaster dengan cepat.

Selain itu, bila sakit kepala disebabkan karena sinusitis, makanan pedas dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi sumbatan. Hasilnya sakit kepala pun berkurang.

Tak hanya itu, makanan pedas mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Belum jelas bagaimana hal ini dapat terjadi. Diperkirakan karena makanan pedas membuat tubuh memberi respons yang sama seperti ketika terjadi infeksi, radang, atau luka.

Tubuh mengeluarkan senyawa kimia sebagai senjata untuk melawan infeksi atau peradangan. Ini membuat daya tahan tubuh meningkat setelah makan makanan pedas karena tubuh menganggapnya sebagai rasa nyeri yang harus dihilangkan.

Setelah mengetahui berbagai fakta di atas, tidak berarti Anda harus mengonsumsi makanan pedas setiap kali sakit kepala. Pada kenyataannya, tidak semua jenis sakit kepala dapat diatasi dengan sambal favorit Anda. Apalagi makan pedas dalam jumlah banyak juga tidak baik bagi pencernaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES