Peristiwa Daerah

Kurangi Tingkat Perceraian, Kemensos Siapkan Mobil Anti Galau

Sabtu, 30 September 2017 - 22:23 | 35.59k
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Sosial menyiapkan Mobil Anti Galau untuk mengurangi tingkat perceraian yang cukup tinggi di Jawa.

Menurut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, untuk menekan angka perceraian, konsultasi keluarga bisa menjadi harapan agar jika terjadi suatu masalah tidak gampang ke pengadilan agama.

"Di mobil itu orang bisa mendengarkan konselor, bisa bersapa psikolog supaya bisa curhat dan mendapatkan solusi. Mereka sudah menyiapkan solusi keluarga maslahat," katanya usai menjadi pemateri Workshop "Layanan Lembaga Konsultasi Keluarga Maslahah" yang digelar PW Muslimat NU di Sidoarjo, Sabtu (30/9).

Menteri Khofifah menyebut fakta bawha angka perceraian di Provinsi Jawa Timur cukup tinggi. Saat ini menempati peringkat tiga besar nasional bersama Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Mobil-ANti-GalaufrDPW.jpgMobil anti galau di Pangkalpinang (Foto: Nur Khafifah/detikcom)

"Di Jawa Timur perceraiannya cukup tinggi tapi yang aneh, gugat cerai yang tinggi justru jadi sumber kebahagiaan. Ini yang harus ditelaah bersama apa yang sebetulnya sedang terjadi pada keluarga ini dan harus ada solusi yang kita ambil bersama," kata Khofifah

Menurut dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya perceraian itu seperti halnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam posisi seperti itu, dia berharap bahwa ketika suatu permasalahan keluarga berakhir di pengadilan agama maka kemudian tidak harus keputusan gugat cerai mudah disepakati dan disetujui.

"Marilah kita melihat implikasi dari perceraian itu bisa menimbulkan anak-anak yang menjadi terdampak dan bisa mendapatkan masalah baru seperti suami atau istri kawin lagi sehingga "role model" di keluarga tidak ditemukan," kata Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES