Kesehatan

Ingin Tetap Sehat, Lakukan Kombinasi Olahraga

Sabtu, 30 September 2017 - 02:19 | 46.03k
ILUSTRASI. Olahraga. (Foto: contoursexpress.com.sg)
ILUSTRASI. Olahraga. (Foto: contoursexpress.com.sg)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga sangat dibutuhkan agar tubuh selalu sehat dan bugar. Lalu seperti apa olahraga yang tepat agar tubuh tetap bugar? Anda mungkin pernah mendengar perlu berolahraga minimal 150 menit atau 2,5 jam setiap pekan. Namun sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan kombinasi berbagai jenis latihan membawa hasil yang lebih baik daripada hanya menambahkan kuantitas.

Dilansir dari Tempo, peneliti di Skidmore College di New York mengamati efek dari program olahraga yang berbeda. Hasil riset mereka menunjukkan peserta latihan kebugaran mendapatkan manfaat paling banyak dari sesi latihan yang mencakup ketahanan, kardio, interval dan peregangan, bersama dengan mengonsumsi protein dalam jumlah cukup banyak sepanjang hari. Teorinya, perpaduan berbagai jenis latihan akan memenuhi lebih banyak kebutuhan tubuh.

Latihan kebugaran dengan kombinasi berbagai gerakan memberikan hasil yang memuaskan, yakni penurunan berat badan, sedikit lemak di perut, menurunkan kadar gula darah, dan peningkatan massa otot. Jadi, kalau Anda rajin berlari setiap hari, coba lakukan yoga sebelum atau setelahnya sebagai latihan kombinasi.

American College of Sports Medicine juga menyarankan pelatihan keterampilan motorik untuk keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi. Anda dapat memenuhi tujuan ini melalui kelas yang sama yang mungkin Anda ambil untuk meningkatkan fleksibilitas, seperti yoga, pilates dan tai chi.

Agar olahraga yang Anda lakukan lebiih ideal, Anda bisa mencoba beberapa kombinasi latihan berikut.
- Latihan kardio 5 kali seminggu dengan interval latihan pada 3 sesi.
- Latihan kekuatan 2 sampai 3 kali seminggu tapi tidak pada hari-hari berturut-turut.
- Latihan peregangan atau keluwesan 2 sampai 3 kali seminggu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES