Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Ada 1537 Lowongan di Job Market Fair 2017 Bondowoso

Rabu, 27 September 2017 - 12:25 | 45.73k
Sekretaris Daerah (Sekda), Hidayat, saat memberikan sambutan pada Pembukaan JMF 2017 Bondowoso. (Foto: Sofy/TIMES Indonesia)
Sekretaris Daerah (Sekda), Hidayat, saat memberikan sambutan pada Pembukaan JMF 2017 Bondowoso. (Foto: Sofy/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 1537 lowongan disediakan di Job Market Fair (JMF) 2017 Bondowoso. JMF yang digelar 27 September ini rutin digelar untuk membantu calon tenaga kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai kompetensinya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso, Hidayat mengatakan ada 28 Perusahaan yang ikut dalam gelaran JMF 2017 Bondowoso tahun ini. Kegiatan ini kata dia, merupakan rangsangan bagi Perusahaan untuk berkontribusi mengurangi angka pengangguran terbuka yang ada di Bondowoso dan Jawa Timur secara umum. 

"Di sini perusahaan secara langsung dipertemukan dengan calon tenaga kerja yang akan mereka butuhkan," ujar Hidayat usai membuka JMF di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) bondowoso, Rabu (27/9/2017).

HidayatfUvA.jpg

Ia menambahkan saat ini angka pengangguran di Bondowoso sebesar 1,67 persen. Jumlah ini kata dia, termasuk kecil jika dibandingkan dengan angka pengangguran terbuka Jawa Timur yang mencapai 4,47 persen.

"Ada beberapa persoalan yang dihadapi, di antaranya adalah tingginya pertumbuhan angkatan kerja tapi kesempatan kerja di Bondowoso masih rendah. Selain itu pendayagunaan tenaga kerja serta tingkat pendidikan dan produktivitas tenaga kerja yang juga masih rendah," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DISPMPTSPTK) menyebutkan selain menggelar JMF, pihaknya juga memberikan pelatihan keterampilan kerja. Pelatihan tersebut diantaranya pelatihan instalasi listrik, pembuatan paving, salon, audio, bisnis menejemen, perbengkelan, servis TV, dan menjahit.

Jobpeserta--Mareket-FairIPuqJ.jpg

"Ada 100 peserta yang akan mengikuti pelatihan keterampilan kerja yang akan kami laksanakan," ujarnya.

Dari total perusahaan yang berkontribusi dalam JMF kali ini, PT. Bangun Gunung Sari merupakan perusahaan yang paling banyak menyediakan lowongan. Total, ada 450 lowongan pekerjaan yang disediakan oleh Perusahaan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) tersebut. 

Terhitung sejak pukul 11.50 , ada 1550 pencari kerja (pencaker) yang mendaftar di JMF WIB2017 Bondowoso. Tidak hanya dari Bondowoso, pencari kerja juga datang dari kabupaten lain seperti Jember, Situbondo, Banyuwangi bahkan Sidoarjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES