Peristiwa Daerah

Goresan Dua Puluh Seniman Lukis di Pameran Seni Rupa Senyawa Warna

Rabu, 27 September 2017 - 00:32 | 129.69k
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Jarianto didampingi Kepala UPT Taman Budaya Jatim Sukatno, berkeliling menikmati pameran lukisan, Selasa (26/9/2017).(Foto : Lely Yuana/ TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Jarianto didampingi Kepala UPT Taman Budaya Jatim Sukatno, berkeliling menikmati pameran lukisan, Selasa (26/9/2017).(Foto : Lely Yuana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 20 karya seniman lukis Indonesia, tampil di Galeri Prabangkara UPT Taman Budaya Jawa Timur (TBJT), Selasa (26/9/2017) malam. 

Pameran seni rupa bertajuk Senyawa Warna ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Dr H Jarianto, dan akan berlangsung mulai 26-30 September mendatang.

Menurut Jarianto, pameran tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap perkembangan seni rupa di Indonesia yang telah mengalami banyak kemajuan. 

Mulai dari tumbuhnya seniman muda produktif sebagai regenerasi perupa yang mampu memberikan penyegaran dan selalu berkembang mencari jati diri kesenirupaan asli Indonesia.

Lukisan-5NH1V.jpgMengagumi goresan Saiful Yatim bertajuk "My Oh My", Selasa (26/9/2017).(Foto : Lely Yuana/ TIMESIndonesia)

Selain itu, adanya galeri-galeri di Indonesia yang semakin banyak memberikan peluang bagi para seniman untuk berinteraksi dengan masyarakat luas. 

Khususnya masyarakat pecinta seni lewat karya yang diwujudkannya serta peranan kolektor, art dealer, dan para pecinta seni sebagai pendukung tumbuhnya seni rupa di Indonesia.

Lukisan-4CrfVo.jpg"Presikenstain" berukuran 150x170 cm, karya Hadi Masoed, Selasa (26/9/2017).(Foto : Lely Yuana/ TIMESIndonesia)

"Saya berharap kegiatan Pameran Seni Rupa Jawa Timur 2017 ini dapat memberikan spirit untuk meningkatkan, memperluas dan merangsang pemahaman sebagai ruang proses belajar kepada perupa maupun penikmat seni rupa," tutur Jarianto.

Ia berharap galeri taman budaya menjadi tempat berjualan para seniman lukis, dan menjadi lahan untuk mensejahterakan para seniman, karena karya yang ditampilkan malam itu eksklusif dan berkualitas.

Jarianto menambahkan, setidaknya, Jatim kelak bisa menjadi barometer seniman lukis selain kesenian budaya lainnya yang telah terkenal.

"Tahun depan harus ada workshop tentang seni rupa. Kita harapkan ada komunitas para perupa dan bagaimana kolektor bisa datang mencari lukisan di Jatim," ucap Jarianto.

Lukisan-2TH6mt.jpgLukisan karya Andy Miswandi berjudul "Go Green" ini cukup menarik perhatian, Selasa (26/9/2017).(Foto : Lely Yuana/ TIMESIndonesia)

Beberapa pelukis yang tampil dalam pameran kali ini adalah Andy Miswandi, dengan karyanya berjudul "Go Green", Andi Sulistiono mengusung " Pemain Sirkus" dan " Bermain Burung", Andrie Corot menorehkan pesona mistis wanita dalam "Dyah Gitarja", Edy Sanjaya membalut keteguhan sosok tua dalam " Mencari Siapa Aku,..?" dan "Jogo Wibowo (Jowo)".

Lukisan-1jAZF.jpgKarya seniman lukis Indonesia ini bisa dinikmati mulai hari ini, Selasa (26/9/2017) hingga 30 September mendatang di Galeri Prabangkara, Taman Budaya Jawa Timur, Selasa (26/9/2017).(Foto : Lely Yuana/ TIMESIndonesia)

Sementara itu, masih banyak pelukis kenamaan lain yang turut serta menampilkan karya terbaiknya. Heru Kuntoyo, Budiamin, Hadi Masoed, Garda Gardian, Budiyono, Chairil Alwan, Indah Sari, Kris Aji, Lukman Gimen, M.Medik, Saiful Yatim, Sigit Purnomo, Susilowati, Tatang Mohamad Toha, Triyoso Yusuf, dan Yudi Hariyanto.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES