Kesehatan

Tips Teh Sehat untuk Penderita Diabetes

Rabu, 27 September 2017 - 04:32 | 43.78k
ILUSTRASI. Minum teh. (Foto: fitnesshavens.com)
ILUSTRASI. Minum teh. (Foto: fitnesshavens.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Diabetes bukanlah alasan Anda tidak bisa menikmati seduhan teh. Sebaliknya, teh justru bagus bagi pasien diabetes karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur metabolisme gula darah Anda menjadi lebih baik. Meski demikian, Anda tidak boleh mengonsumsi teh secara sembarangan. Lalu, seperti apa teh sehat untuk diabetes?

Dilansir dari Hello Sehat, teh hijau ternyata bisa menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di Diabetes and Metabolism Journal pada tahun 2013, seseorang yang minum enam cangkir teh hijau dalam sehari memiliki 33 persen lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes tipe 2 dibandingkan seseorang yang minum kurang dari secangkir teh hijau dalam seminggu.

Menurut Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung dan kepala kesehatan jantung wanita di rumah sakit Lenox Hill di New York City, melalui reaksi suatu biokimia, teh, terutama teh hijau membantu suatu sel menjadi lebih sensitif, sehingga lebih mampu memetabolisme gula menjadi lebih baik. Teh hijau dianggap baik untuk diabetes karena membantu sistem metabolisme berfungsi lebih baik.

Tidak hanya itu, teh mengandung suatu zat yang disebut polifenol, zat ini merupakan antioksidan yang ditemukan pada setiap tanaman. Polifenol ini mampu membantu mengurangi stres oksidatif, yaitu keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Teh juga mengurangi risiko penyakit jantung yang meningkat pada pasien diabetes. Polifenol yang banyak terkandung dalam teh hijau ini dapat membantu mengatur glukosa dalam tubuh, dan membantu mengendalikan diabetes.

Jangan tambahkan susu ke dalam teh Anda. Jika ingin tambahkan gula, pastikan Anda gunakan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah.

Jadi, tidak usah khawatir, Anda masih bisa tetap menikmati teh meskipun Anda memiliki diabetes, dengan catatan, Anda tahu seperti apa teh sehat untuk diabetes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES