Gaya Hidup

Hal Ini Bisa Terjadi Jika Anda Marah Sebelum Tidur

Rabu, 27 September 2017 - 01:16 | 48.67k
ILUSTRASI. Marah dapat berdampak pada kualitas tidur.. (Foto: pieknoumyslu.com)
ILUSTRASI. Marah dapat berdampak pada kualitas tidur.. (Foto: pieknoumyslu.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kondisi emosional seseorang ternyata berpengaruh terhadap kualitas tidurnya. Para ilmuwan dari Iowa State University menemukan bahwa orang pemarah atau sulit untuk menjaga emosi tidak tidur senyenyak orang yang lebih bahagia.

Studi ini melibatkan 436 partisipan yang dibagi menjadi tiga kelompok, tergantung dari bagaimana cara mereka menghadapi rasa marah. Berdasarkan kuesioner, mereka dimasukkan ke dalam tiga kategori, yaitu orang yang memendam emosi, orang yang meluapkan emosi dan orang yang bisa mengontrol emosi. 

Dalam pelaksanaanya, partisipan dipantau pola tidurnya selama sepekan. Hasilnya, orang yang memendam emosi cenderung tidak tidur senyenyak mereka dari kategori lain. 

Menurut studi, hal ini bisa disebabkan karena orang-orang itu tetap memikirkan masalahnya sehingga mereka sulit merasa tenang untuk bisa beristirahat. Selain itu, alasan lain yang membuat orang marah sulit tidur adalah karena ada peningkatan aktivitas kardiovaskular yang membuat tubuh sulit beristirahat. 

Jadi, jika ada sesuatu yang membuat kesal, hal terbaik lakukan adalah menyisihkan sepuluh menit sebelum tidur untuk menenangkan diri. Jika tidak, Anda bisa sulit tidur semalaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES