Kesehatan

Kurangi Risiko Obesitas dengan Makanan Kaya Protein Ini

Selasa, 26 September 2017 - 01:40 | 31.74k
ILUSTRASI. Kacang-kacangan dapat menurunkan risiko obesitas. (Foto: organicfacts.net)
ILUSTRASI. Kacang-kacangan dapat menurunkan risiko obesitas. (Foto: organicfacts.net)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi masalah bagi seseorang yang ingin memiliki tubuh ideal. Obesitas juga dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Meski demikian, obesitas dapat diatasi dengan beragam cara, salah satunya adalah onsumsi kacang-kacangan.

Sebuah studi belum lama ini menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan lima persen lebih rendah untuk mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk penelitian ini, tim peneliti mengevaluasi data diet dan gaya hidup dari lebih dari 373.000 individu dari 10 negara Eropa berusia antara 25 dan 70 tahun.

Sebelumnya, banyak orang berasumsi bahwa kacang merupakan makanan padat lemak sehingga bukanlah pilihan yang tepat bagi individu yang ingin menurunkan berat badan. Namun, menurut Joan Sabate, direktur di Loma Linda University di California, AS, temuan tersebut bertentangan dengan temuan studi yang belum lama dilaukan ini. 

"Studi ini menegaskan bahwa kacang bukan makanan obesogenik," kata Sabate dalam makalah yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition. 

Kacang merupakan sumber energi, lemak, protein, vitamin, mineral dan kaya phytochemicals. Makanan ini berhubungan dengan berbagai manfaat kesehatan antara lain dalam fungsi memori, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. 

Sabate menyarankan untuk menambahkan makan kacang saat makan agar dapat terhindar dari obesitas. Selain itu, kacang-kacangan juga bisa dijadikan untuk menggantikan protein hewani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES