Peristiwa Daerah

Peristiwa Penting pada 25 September, HUT Kota Bandung

Senin, 25 September 2017 - 10:24 | 57.66k
Gedung Sate Bandung (Foto: hotel-di)
Gedung Sate Bandung (Foto: hotel-di)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 25 September menjadi tanggal spesial bagi warga Bandung dan Jawa Barat. Pada tanggal tersebut, 207 tahun silam, ditetapkan sebagai hari jadi kota Bandung yang menjadi ibu kota Provinsi Jawa barat.

Dikutip dari laman bandung.go.id, cikal bakal Kota Bandung sebenarnya berada di Krapyak (sekarang Dayeuhkolot) kira-kira 11 kilometer ke arah Selatan dari pusat kota Bandung sekarang. 

Lokasi kota Bandung sekarang adalah prakarsa dari Bupati R. A. Wiranatakusumah II. Bupati yang menjabat hingga tahun 1681 mengusulkan kepindahan lokasi pemerintahan. Saat itu, wilayah Krapyak kerap dilanda banjir saat hujan sehingga dianggap tidak layak sebagai pusat pemerintahan.

Tempat yang dipilih adalah lahan kosong berupa hutan, terletak di tepi barat Sungai Cikapundung, tepi selatan Jalan Raya Pos yang sedang dibangun (pusat kota Bandung sekarang). 

Sekitar akhir tahun 1808/awal tahun 1809, bupati beserta sejumlah rakyatnya pindah dari Krapyak mendekali lahan bakal ibukota baru. 

Tidak diketahui secara pasti, berapa lama Kota Bandung dibangun. Akan tetapi, kota itu dibangun bukan atas gubernur jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels, 
melainkan atas prakarsa Bupati Bandung. Kota Bandung diresmikan sebagai ibukota baru Kabupaten Bandung dengan surat keputusan tanggal 25 September 1810.

Berikut beberapa peristiwa penting pada 25 September:

1066 - Pasukan Inggris mengalahkan bangsa Viking dalam sebuah pertempuran di Jembatan Stamford, Yorkshire Timur, Inggris. Kemenangan Inggris itu sekaligus mengakhiri invasi Viking ke tanah Inggris selama lima hari.

1810 - Hari jadi kota Bandung.

1937 - Pasukan Tiongkok berhasil mengalahkan pasukan Jepang dalam Pertempuran Pingxingguan di Pingxingguan.

1944 - Jerman menggempur Belanda selama sembilan hari. Pertempuran antara Jerman dan Pasukan Sekutu terjadi di beberapa kota di Belanda, antara lain Arnhem, Oosterbeek, Wolfheze, dan Driel. 

1962 - Perang Saudara Yaman meletus setelah Raja Yaman Muhammad Al-Badr diturunkan dari takhtanya oleh seorang pemimpin kelompok revolusi di Yaman, Abdullah As-Sallal. Perang Saudara Yaman berlangsung lebih dari delapan tahun dan berakhir dengan runtuhnya Kerajaan Yaman serta dibentuknya Republik Yaman.

2003 - Gempa bumi berkekuatan 8,3 sR mengguncang Hokkaido, Jepang. Tak ada korban jiwa dalam bencana alam itu.

2005 - Fernando Alonso Diaz menjadi juara dunia Formula 1 pertama asal Spanyol. Dalam kesempatan itu, Alonso juga dinobatkan sebagai juara dunia F1 termuda yakni 24 tahun 59 hari. Namun rekor Alonso lantas dipecahkan Lewis Hamilton pada 2008.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES