Peristiwa Daerah

Wakil Wali Kota Bontang Memperoleh Gelar Kebangsawanan Kutai Kartanegara

Senin, 25 September 2017 - 07:59 | 72.80k
Penyematan gelar kebangsawanan Kutai oleh Putra mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Adji Pangeran Adipati Prabu Anum Surya Adiningrat pada Erau pelas benua Bontang di kelurahan Guntung, 24/9/2017.(Foto:Kusnadi/Bontang Times)
Penyematan gelar kebangsawanan Kutai oleh Putra mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Adji Pangeran Adipati Prabu Anum Surya Adiningrat pada Erau pelas benua Bontang di kelurahan Guntung, 24/9/2017.(Foto:Kusnadi/Bontang Times)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhelatan Erau Pelas Benua ke XV Bontang yang digelar di kampung adat kelurahan Guntung mulai Minggu, (24/9/2017) juga menjadi moment bersejarah bagi Wakil Wali Kota Bontang Basri Rasse.

Dalam acara tahunan ini, Kesultanan Kutai Kertanegara memberikan gelar bangsawan kepada Wakil Wali Kota Bontang Basri Rasse dengan nama Temenggung Mangku Praja.

Sebelumnya, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni juga diberi penghargaan oleh Kesultanan Kutai kertanegara dengan nama Raden Puaq Tonro Doete

Dalam sambutannya mewakili Sultan Kutai Kertanegara, Menteri Kelestarian Nilai Nilai Adat Adji Pangeran Haryo Kusumo Puger menyampaikan, gelar kebangsawanan dengan nama Temenggung Mangku Praja itu mempunyai arti yang mulia. “Gelar ini mengartikan orang peduli dan berjasa.” ujarnya.

Penyematan-gelar-kebangsawanan-Kutai-AHBrn.jpg

Menurutnya hal ini didasarkan atas keberhasilan dan perhatian pemerintah kota Bontang kepada adat dan budaya Kutai.

Pemberian gelar tersebut berdasarkan Surat keputusan Raja Kutai Kertanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Sholahuddin 2 Nomer : 001/SK/SKK/Gelar/2017.

Penyematan-gelar-kebangsawanan-Kutai-Btpvok.jpg

Sebagai informasi, Erau Pelas Benua adalah salah satu pesta Budaya Masyarakat Kutai yang telah menjadi ciri khas Kota Bontang karena telah digelar rutin setiap tahunnya. Erau Pelas Benua ini bertujuan untuk membersihkan dan memohon perlindungan agar Kota Bontang bersih dan terhindar dari segala mara bahaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES