Kesehatan

Hati-Hati, Sering Cemas Dapat Berisiko Terkena Penyakit Ini

Senin, 25 September 2017 - 01:36 | 27.71k
ILUSTRASI. Cemas dapat berisiko untuk kesehatan. (Foto: netdoctor.co.uk)
ILUSTRASI. Cemas dapat berisiko untuk kesehatan. (Foto: netdoctor.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cemas sering dinilai sebagai hal yang biasa. Namun sebenarnya, perlu diketahui bahwa hal tersebut merupakan masalah psikologis yang sering terjadi. Biasanya gangguan cemas tersebut disebabkan oleh genetik, stres, trauma, dan lainnya. Dilansir dari bintang.com, gangguan cemas biasanya ditandai adalah sikap tegang, gugup, keringat dingin, tremor dan lain sebagainya.

Gangguan cemas bukanlah hal yang tanpa risiko. Gangguan cemas diketahui bisa menganggu refleks vagal sehingga tingkat variasi detak jantung menurun dan irama jantung bisa berubah. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang dengan gangguan cemas lebih mudah mengalami gangguan jantung.

Jika tak ditangani dengan tepat, gangguan cemas pun bisa menimbulkan dampak jangka pendek. Dampaknya meliputi performa kerja, gangguan belajar, kesulitan berkonsentrasi, lebih sensitif dan cepat marah.

Bagaimana mengatasi gangguan cemas? Redamkan perasaan cemas dengan membiasakan diri berpikir positif, memiliki semangat hidup yang tinggi, berinteraksi sosial dengan baik, menceritakan masalah dan kesedihan kepada orang terdekat, serta melakukan pola hidup sehat. Makan makanan yang sehat, olahraga yang teratur, dan istirahat yang cukup juga membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Jika gangguan cemas masih belum teratasi dengan cara-cara tersebut, sebaiknya berbicaralah dengan psikolog atau psikiater. Jangan malu untuk berkonsultasi dengan psikolog ataupun psikiater. Psikolog dapat melakukan psikoterapi untuk mengurangi gejala Anda. Psikiater juga dapat memberikan terapi khusus serta obat untuk mengurangi kecemasan, jika diperlukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES