Kesehatan

Meski Nikmat, Konsumsi Kopi dan Gorengan Bersamaan Ternyata Berbahaya

Senin, 25 September 2017 - 02:29 | 85.36k
ILUSTRASI. Minum kopi dan makan gorengan. (Foto: centroone.com)
ILUSTRASI. Minum kopi dan makan gorengan. (Foto: centroone.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Santai saat malam hari ditemani kopi dan gorengan memang sangat nikmat. Namun, di balik kenikmatan yang ditawarkan oleh gorengan dan kopi ini, ada bahaya yang mengintai kesehatan jika kita terlalu sering melakukannya. Apa saja bahaya tersebut?

Dilansir dari Dokter Sehat, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Guelph, disebutkan bahwa mengonsumsi kopi setelah makan makanan berminyak seperti gorengan bisa memicu peningkatan gula darah dengan signifikan. Hal ini berarti, sering mengonsumsinya akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Hal ini terjadi karena gorengan kaya akan lemak jenuh yang bisa membuat tubuh kesulitan membersihkan gula dalam aliran darah.

Dalam penelitian ini, para partisipan diminta untuk mengonsumsi makanan berlemak. Enam jam kemudian, para patisipan ini diminta untuk mengkonsumsi minuman yang diberi gula, termasuk kopi. Setelah tubuh para partisipan ini diperiksa, diketahui bahwa tubuh kesulitan dalam memproduksi insulin yang bisa memproses gula dalam darah.
 
Mereka yang mengkonsumsi makanan berlemak memiliki kadar gula dalam darah 32 persen lebih banyak dari mereka yang tidak mengonsumsinya. Bahkan, setelah para partisipan ini minum kopi, kadar gulanya meningkat tajam hingga 65 persen.

Tak hanya diabetes, lonjakan kadar gula dalam darah juga bisa berimbas pada munculnya penyakit lain seperti penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah arteri. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak minum kopi dan makan makanan berlemak seperti gorengan secara bersamaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES