Peristiwa Daerah

Waduh! Unit Damkar Kota Probolinggo Dikibuli

Minggu, 24 September 2017 - 16:50 | 204.72k
Mobil damkar mencari lokasi kebakaran yang ternyata hoax. (Foto: Happy/TIMES Indonesia)
Mobil damkar mencari lokasi kebakaran yang ternyata hoax. (Foto: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Unit pemadam kebakaran Kota Probolinggo diusili orang tak bertanggung jawab, Minggu (24/9/2017) siang. Orang tersebut, menelepon ke hotline unit damkar, di nomor 0335-421113 dan mengatakan jika ada kebakaran. Namun setelah dua unit mobil damkar diterjunkan, tidak ada kebakaran seperti yang diinformasikan.

Kasatpol PP Kota Probolinggo, Sudiman mengatakan, Minggu sekitar pukul 11.50 siang, unit damkar mendapat telepon. Si penelepon menyebut, ada sebuah rumah yang terbakar di kawasan jalan Slamet Riyadi gang 3, tepatnya di sebelah barat STIA Bayuangga.

"Karena saat ini musim kemarau dan musim angin, maka dua unit damkar dikerahkan. Mengingat lokasi tersebut, padat penduduk," Kata Sudiman.

Namun, sesampai di lokasi yang dimaksudkan, tidak ada kebakaran. Petugas pun kebingungan dan berusaha bertanya pada warga setempat.

Mendapati bahwa itu hanya informasi hoax atau informasi palsu dari orang yang tak bertanggung jawab, dua unit damkar pun kembali ke markas. "Tidak ada kebakaran pak, dapat info dari siapa," kata salah seorang warga, Rohim, yang malah berbalik tanya pada petugas.

Terkait informasi main-main itu, Sudiman mengimbau pada masyarakat agar tidak mengulanginya lagi. Ini karena kebakaran merupakan bencana mendadak yang sangat berbahaya. Terutama jika sampai menimbulkan korban jiwa.

"Musim kemarau dan angin gending ini agar berhati-hati bila sedang memasak ataupun bakar-bakar sampah. Sebab jika tidak ditunggui, bisa menimbulkan kebakaran," ujarnya.

Masih menurut Sudiman, pihaknya juga mengimbau pada masyarakat agar segera melapor jika ada kebakaran. Dengan catatan, bukan informasi palsu dan main-main seperti yang baru saja terjadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES