Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Peringati Hari Jadi Ke 111, ini yang Dilakukan Warga Desa Srigoco

Minggu, 24 September 2017 - 07:56 | 38.66k
Prosesi larung sesaji di pantai Balekambang sebagai bentuk syukur atas anugerah dari Tuhan YME pada warga setempat,  Sabtu (23/9/2017). (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
Prosesi larung sesaji di pantai Balekambang sebagai bentuk syukur atas anugerah dari Tuhan YME pada warga setempat, Sabtu (23/9/2017). (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, MALANG – Desa Srigoco Kecamatan Batur Kabupaten Malang memperingati hari jadi desa yang bertepatan dengan 1 Suro atau 1 Muharram 1439 H. 

Pagelaran Wayang Kulit, mengangkat lakon "Semar Mbagun Puro Kencono", dengan dalang Ki Djoko Bawono dari Blitar – Ludoyo, di Pendopo Balekambang, Jumat (22/09/2017) membuka rangkaian kegiatan perayaan. 

Warga serta pengunjung wisata Balekambang sangat Antusias menikmati tontonan Wayang Kulit secara Gratis, khususnya orang tua. Pagelaran Wayang Kulit yang digelar merupakan wujud, rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Larung-Sesaji-2wUfBi.jpg

Prosesi Upacara Ritual Adat Budaya Larung Sesaji, 1 Syuro/ 1 Muharram 1439 H, (Tahun Baru Islam) yang telah berumur 111 Th, di Ds Srigonco pun digelar pada Sabtu (23/9/2017). Kades Srigonco Bambang yang merupakan cucu salah Satu Bedah Kerawang Pantai Wisata Balekambang, mengadakan Kegiatan Larung Sesaji. 

Upacara ini sebagai ungkapan rasa terima kasih atas berkah yang diberikan Tuhan pada masyarakat. Sekaligus ungkapan rasa terima kasih kepada para leluhur yang telah membuka lokasi ini. 

"Kegiatan ini sebagai bekal masyarakat untuk interopsepsi / mawas diri , eleng lan waspodho dan bisa mensejahterakan warga pesisir Pantai," terang Kades Bambang.

Larung-Sesaji-3vBJX.jpg

Tak hanya itu, Kades berharap dengan ritual tradisional semacam ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri. 

Kapolsek Bantur AKP Yatmo SH, beserta anggota Polsek Bantur dibantu dari Sat Sabhara Polres Malang, memberikan suatu bentuk Pelayanan kepada masyarakat dengan, mengawal dan mengamankan rangkaian prosesi acara Larung Sesaji di Pantai Wisata Balekambang.

Berkat penganan dari Polsek Bantur acara dapat berjalan dengan lancar tertib dan kondusif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES