Wisata

Belajar Tembakau dari Baunya di House of Sampoerna

Sabtu, 23 September 2017 - 21:11 | 122.49k
Museum Sampoerna di jalan Taman Sampoerna No.6 Krembangan Utara, Kota Surabaya (Foto: Kadek Bella/ TIMES Indonesia)
Museum Sampoerna di jalan Taman Sampoerna No.6 Krembangan Utara, Kota Surabaya (Foto: Kadek Bella/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika berlibur di Surabaya, tak ada salahnya TIMES Lovers berkunjung ke tempat-tempat ini di Kota Surabaya. Nah, saat kamu mulai jenuh dengan padatnya Kota Surabaya dengan gedung-gedung tinggi di sekitar kamu, cobalah ke museum atau tempat bersejarah bisa jadi opsi liburanmu kali ini nih TIMES Lovers.

Selain kamu bisa belajar banyak hal, kamu juga bisa menghirup angin segar di dalam museum atau tempat bersejarah tanpa bersesakan dengan pengunjung lain.

Yup, rekomendasi TIMES Lovers kali ini yaitu Museum Sampoerna di jalan Taman Sampoerna No.6 Krembangan Utara, Kota Surabaya. Sangat menarik tempat ini, pasalnya koleksi dari museum ini sangat unik dan memiliki nilai seni tersendiri.

Museum-TembakaulM18v.jpg

Seperti apa koleksi dari museum ini? Kalian bisa datang langsung kesini lho. Buka setiap hari mulai pukul 09.00-19.00. Sajian musium ini antara lain sejarah berdirinya pabrik rokok yang di prakarsai oleh Warga Indonesia.

Museum-Tembakau-5sF86.jpg

Ada juga beberapa kerjasama antara Sampoerna dengan perusahaan domestik maupun asing. Dan tak lupa ada banyak koleksi tembakau dari seluruh penjuru Indonesia yang dapat kita lihat, pegang dan cium baunya di museum ini.

Untuk masuk ke museum ini tidak dikenakan biaya. Pengunjung hanya akan membayar biaya parkir saja. Ketika kalian memasuki pintu museum, aroma khas tembakau akan langsung dapat tercium baunya. 

Nah yang lebih menarik lagi, kalian dapat melihat pengerjaan pembungkusan batang rokok secara langsung oleh para pekerja di lantai 2 museum yang dibatasi sekat berupa kaca antara pengunjung dan pekerja. Selain itu juga, museum ini menjual berbagai menchandise unik khas House of Sampoerna yang bisa kalian bawa pulang.

"Salah satu museum terawat di Indonesia. Awalnya kita akan disambut dengan bau tembakau murni dan cengkeh yang otentik. Mereka membiarkan kita melihat kisah hidup sang pendiri. Bagaimana mereka mengembangkan bisnis dan perbaikan perusahaan selama bertahun-tahun. Mereka juga memiliki proses langsung dari pengemasan rokok buatan tangan. Sangat mengesankan. Ada juga galeri seni, kafe  dan bus untuk city tour. Semuanya gratis," ulas Mutiah Local Guides level 7 ini.

Museum-Tembakau-4p70m.jpg

"Rumah Sampoerna ini tempat yang bagus untuk dikunjungi. Yang paling saya suka adalah city tour untuk mendapatkan akses ke beberapa tempat bersejarah. Restoran di tempat ini juga menyajikan makanan yang lezat. Saya juga suka melihat beberapa pekerja yang begitu cepat membuat rokok begitu fantastis sehingga mataku sendiri melihatnya hidup," tambah Citra Pandiangan Local guides level 5 yang berkunjung sekitar 2 minggu yang lalu.

Lain lagi dengan si turis Amerika ini. Katanya; "Tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan wajtu sekitar 1 jam, menjelajahi sejarah perusahaan rokok sampoerna kretek, di pabrik lama mereka di sebuah bangunan kolonial belanda yang anggun. Baunya enak di dalam. Toko dipenuhi dengan souvenir barang batik lokal di lantai 2," ulas Katherine Lee turis asing sekaligus Local guides dari USA ini.

Museum-Tembakau-3taONk.jpg

Oke guys, tunggu apalagi? TIMES Lovers selalu merekomendasi tempat liburan yang unik dan menyenangkan. Yuk, jelajahi lagi Kota Surabaya dan mampir ke tempat ini, rasakan sensasi mencium aroma tembakau dari seluruh pelosok negeri kita tercinta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES