Indonesia Positif Konflik Rohingya

Pramuka akan Salurkan Bantuan untuk Rohingya Melalui Bangladesh

Sabtu, 23 September 2017 - 21:42 | 34.58k
Konferensi Pers Laporan Aksi Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka untuk Rohingya di Lantai FB, FX Sudirman Jakarta, hari ini (23/9/2017) (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Konferensi Pers Laporan Aksi Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka untuk Rohingya di Lantai FB, FX Sudirman Jakarta, hari ini (23/9/2017) (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Konflik Rohingya

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melalui aksi Bumbung Kemanusiaan berhasil mengumpulkan bantuan untuk pengungsi Rohingya sebesar Rp238 juta, terhitung per tanggal 22 September 2017. Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Bangladesh, negara terdekat yang menjadi tujuan utama pengungsi Rohingya. 

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengungkapkan, saat ini perwakilan Pramuka yaitu Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), Eko Sulistio, sudah berada di perbatasan Myanmar-Bangladesh. 

“Kak Eko sekarang sudah di Bangladesh. Bantuan akan diserahkan ke Kak Eko untuk disalurkan dari Bangladesh,” ungkapnya saat konferensi pers Laporan Aksi Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka untuk Rohingya di Lantai FB, FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (23/9).

Adhyaksa menambahkan, disalurkannya bantuan melalui Bangladesh karena saat ini pengungsi Rohingya terpusat di kawasan yang berbatasan langsung dengan Myanmar, dengan total sekitar 900 ribu jiwa. Untuk mendistribusikan bantuan ini, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Pramuka Myanmar.

“Kami sendiri akan berkomunikasi dengan Pramuka Myanmar. Karena WOSM (organisasi kepanduan dunia), sekjennya Ahmed al-Hendawi akan datang ke Indonesia dan bicara ini minggu depan,” tegasnya.

Adhyaksa juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan bantuan untuk Rohingnya kepada Kwarnas. Selain untuk Rohingnya, tandasnya, pihaknya juga sedang menggalang bantuan untuk korban bencana alam di dalam negeri, seperti korban erupsi Gunung Agung di Bali. 

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat atas kepercayaannya kepada Pramuka, bahwa Pramuka punya kepedulian di mana saja. Pramuka juga menggalang bantuan Bumbung Kemanusiaan di Bali (untuk bencana erupsi Gunung Agung). Sekarang di Rohingya, karena kita melihat bagaimana penderitaan di Rohingya itu. Kita mendapatkan video langsung dari lokasi,” tegasnya. 

Aksi Bumbung Kemanusiaan yang digagas Kwarnas Gerakan Pramuka terus mendapat dukungan dari masyrakat. Kwarnas belum memutuskan kapan kapan aksi ini akan ditutup. Terakhir, dalam acara Konferensi Pers tadi siang, Satuan Komunitas (Sako) Sekolah Islam Terpadu menyumbangkan dana sebesar Rp100 juta untuk Rohingya. Bantuan diserahkan oleh perwakilan Sekolah Islam Terpadu, Syukro Muhab. Selain penyerahan bantuan, Konferensi Pers juga diisi pembacaan puisi berjudul “Karena Rohingya adalah Kita” oleh aktris kawakan Neno Warisman. 

Gerakan Pramuka melalui wadah Pramuka Peduli aktif terlibat dalam sejumlah misi kemanusiaan, seperti bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, tanah longsor, bencana kelaparan dan kekeringan. Bahkan, Gerakan Pramuka juga aktif mendistribusikan bantuan ke negara-negara Afrika, seperti Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, dan Nigeria.

Bantuan dari anggota pramuka maupun masyarakat unum dapat disalurkan melalui nomor rekening 909010100 BNI Cabang Menteng, Jakarta Pusat atas nama Pramuka Peduli. Konfirmasi pengiriman bantuan bisa menghubungi Eko Sulistio (081210834695), Ranggawisnu (089503197260), dan email: [email protected].(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES