Gaya Hidup

9 Makanan Ini Dapat Mengatasi Insomnia

Minggu, 24 September 2017 - 00:31 | 68.72k
ILUSTRASI. Insomnia. (Foto: jempowher.com)
ILUSTRASI. Insomnia. (Foto: jempowher.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Jika Anda mengalami insomnia sebaiknya jangan langsung minum obat. Anda bisa mencoba mengubah pola hidup agar dapat mengatasi gangguan tidur ini. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu.

Berikut ini merupakan beberapa makanan yang bisa anda mengkonsumsinya supaya kualitas tidur anda bisa lebih baik dan terhindar dari insomnia, dilansir dari sehatcenter.com.

Jus Ceri
Pada penelitian mengungkapkan bahwa jus ceri ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang dan dapat meningkatkan waktu tidur pada orang dewasa yang sulit tidur. Dengan konsumsi jus ceri akan mendapatkan durasi waktu tidur 84 menit setiap malamnya. Ceri terdapat kandungan seperti melantonin, asam amino dan hormon tidur yang dapat membuat anda kantuk.

Buah Kiwi
Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan mengungkapkan bahwa dengan konsumsi dua buah kiwi sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur serta menambah durasi tidur sampai satu jam lebih lama. Partisipan yang memakan buah kiwi lebih cepat terlelah daripada yang tidak makan.

Rumput Laut
Penellitian di University of Oxford mengungkapkan bahwa anak-anak yang makan rumput laut kualitas tidurnya menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan yang tidak makan. Gangguan tidur pada anak pun jadi berkurang , hal ini karena rumput laut mengandung DHA dan omega-3 dan kandungan lainnya.

Almond
Menurut para ahli bahwa jika tubuh kekurangan magnesium bisa menyebakan menjadi sulit untuk tidur. Almond ini makanan yang mengandung magnesium cukup baik untuk tubuh dan dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Teh Chamomile
Minuman yang memiliki manfaat untuk menenangkan pikiran ialah the chamormile. Oleh karena itu, bila seseorang mengkonsumsi teh tersebut dapat membuat seseorang itu lebih cepat terlelap serta meningkatkan kualitas tidur.

Cokelat
Cokelat makanan yang banyak berguna bagi kesehatan. Cokelat juga bisa membuat seseorang tidur dengan nyenyak pada malam hari. Menurut ahli gizi, cokelat memiliki serotonin yang dapat membantu tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks.

Madu
Kadar gula alami pada madu bisa meningkatkan hormon insulin dan dapat membantu tritofan, yaitu sejenis asam amino esetial yang dapat menghasilkan perasaan kantuk. Anda bisa mencoba madu dengan secangkir teh hangat sebelum tidur.

Pisang
Buah pisang ialah sumber makanan yang memiliki kandungan potasium dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Pisang bisa membantu untuk membuat otot yang tegang menjadi lebih kendur. Cobalah konsumsi buah pisang saat Anda sulit tidur.

Ikan
Kandungan minyak pada daging ikan bila dikonsumsi dapat membuat tubuh menghasilkan hormone melatonin, misalnya ikan tuna dan salmon. Ikan juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh dan membantu anda kantuk lebih cepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES