Indonesia Positif Ketahanan Informasi Sosial

Donasi Aksi Bumbung Kemanusiaan untuk Rohingya Terus Meningkat

Sabtu, 23 September 2017 - 19:51 | 82.32k
Adhyaksa Dault mewakili Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menerima sumbangkan dana untuk Rohingya sejumlah Rp100 juta dari organisasi Jaringan Islam Terpadu  (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Adhyaksa Dault mewakili Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menerima sumbangkan dana untuk Rohingya sejumlah Rp100 juta dari organisasi Jaringan Islam Terpadu (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Sosial

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aksi Bumbung Kemanusiaan Kwarnas Gerakan Pramuka untuk Rohingya terus mendapat respons positif, setelah resmi diumumkan ke publik pada Rabu (6/9/17) lalu. Hampir seluruh anggota Pramuka di berbagai daerah melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu etnis Rohingya di Myanmar. 

Informasi terakhir dari Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kwarnas, per tanggal 22 September 2017, Aksi Bumbung Kemanusiaan untuk Rohingya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp138.238.502. Dana tersebut terkumpul bukan hanya dari anggota Gerakan Pramuka, melainkan juga dari masyarakat umum. 

Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pramuka di daerah dan masyarakat yang sudah menyumbangkan materi, pikiran, waktu, dan tenaganya untuk melakukan Aksi Bumbung Kemanusiaan guna membantu pengungsi Rohingya. Menurutnya, aksi ini sebagai wujud kepedulian Gerakan Pramuka atas bencana kemanusiaan yang terjadi di sana.

"Aksi Bumbung Kemanusiaan ini adalah cara Gerakan Pramuka merespons masalah. Alhamdulillah saya melihat respons dan semangat mereka untuk membantu Rohingya begitu besar. Bahkan saya dengar anak-anak SD ikut gotong-royong menyisihkan uang sakunya untuk aksi ini," ujar Adhyaksa Dault. 

Menurut Adhyaksa, setelah dana terkumpul melalui aksi Bumbung Kemanusiaan, Gerakan Pramuka berencana akan kembali ke Myanmar untuk mendistribusikan bantuan, khususnya untuk anak-anak, wanita dan warga lanjut usia Rohingya.

Adhyaksa juga menyampaikan terima kasih kepada organisasi Jaringan Islam Terpadu yang telah menyumbangkan dana Rp100 juta untuk Aksi Kemanusiaan ini. Sumbangan tersebut diserahkan pada saat Konferensi Pers Laporan Aksi Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka untuk Rohingya di Lantai FB, FX Sudirman Jakarta, hari ini (23/9). Dengan demikian, total hingga hari ini terkumpul dana sekitar Rp 238 juta. 

“Kami sangat mengapresiasi diplomasi yang dilakukan Pemerintah serta langkah-langkah yang ditempuh oleh seluruh aktivis kemanusiaan dari berbagai organisasi di dunia, khususnya Indonesia, dalam membantu pengungsi Rohingya ini. Tapi jangan berhenti. Kita harus terus doakan dan bantu mereka,” ujar Adhyaksa.

Sebelumnya, Kwarnas Gerakan Pramuka telah mengirim relawan dan bantuannya ke Rakhine State, Myanmar pada 29 Agustus 2017 lalu. Yaitu menyalurkan hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi dan 15 ekor kambing, serta sejumlah bantuan bahan pangan seperti beras, lauk pauk, oil cooking, susu, biskuit, coklat, dan air bersih.

“Hari Jumat, 1 September 2017, pukul 6 pagi, saya masuk ke beberapa kamp pengungsian, yaitu: Shan Tho Lee Camp, Lamache Village, Phia Lhe Song Village. Alhamdulillah, di tiga lokasi itu pendistribusian bantuan berlangsung aman dan lancar,” kata Eko Sulistio, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), yang terjun langsung ke Myanmar.

Menurut Eko, pendistribusian bantuan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di lokasi pengungsian Rohingya. Aksi kemanusiaan ini sudah dilakukan oleh Eko sejak tahun 2012.

“Mereka banyak mengalami gizi buruk akut, banyak yang tidak berpakaian, traumatik, susah akses sekolah, akses bermain dan akses kesehatan,” jelasnya dengan nada sedih.

Gerakan Pramuka melalui wadah Pramuka Peduli aktif terlibat dalam sejumlah misi kemanusiaan, seperti bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, tanah longsor, bencana kelaparan dan kekeringan. Bahkan, Gerakan Pramuka juga aktif mendistribusikan bantuan ke negara-negara Afrika, seperti Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, dan Nigeria.

Bantuan dari anggota pramuka maupun masyarakat unum dapat disalurkan melalui nomor rekening 909010100 BNI Cabang Menteng, Jakarta Pusat atas nama Pramuka Peduli. Konfirmasi pengiriman bantuan bisa menghubungi Kak Eko Sulistio (081210834695), Kak Ranggawisnu (089503197260), dan email: [email protected].(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES