Indonesia Positif Ketahanan Informasi Lingkungan

Antisipasi Kebakaran Hutan, Polsek Donomulyo Gelar Patroli Gabungan

Sabtu, 23 September 2017 - 20:11 | 60.43k
Subscribe TIMES TV KLIK
FOKUS

Ketahanan Informasi Lingkungan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Polsek Donomulyo menggelar giat patroli bersama Perhutani di Hutan jati petak KRPH Sumbermanjing Kulon di Desa Banjarejo Donomulyo, Jumat (22/9/17).

Kapolsek Donomulyo Akp H Sardikan SE, SH memimpin giat tersebut didampingi oleh Kanit Resrim, Kanit Sabhara dan 3 anggota. Sedangkan dari pihak Perhutani Donomulyo Ahmad Sodikin dan anggota, dan Perhutani Sumbermanjing Kulon Intram Pramono. 

Patroli gabungan digelar untuk mengantisipasi pencurian kayu hutan dan pengerusakan hutan. 

Pada kesempatan itu juga disampaikan imbauan kepada para anggota perhutani dan warga masarakat sekitar hutan agar menjaga terjadinya kebakaran hutan. Caranya dengan tidak membuang puntung rokok yang masih menyala secara sembarangan.

PAtroli-Hutan-BxM7hu.jpg

"Salah satu penyebab kebakaran hutan karena kecerobohan, puntung rokok belum benar-benar mati dibuang sembarangan,  akhirnya memicu kebakaran," terang Kapolsek Sardikan. 

Selain itu warga juga diimbau agar tidak membakar sampah sembarangan di tepi maupun di area hutan. Sebab di hutan sudah banyak sampah daun jati yang kering sehingga mudah terbakar. 

"Sedangkan bagi pengunjung pantai yang bermalam jangan membuat api unggun dekat hutan dikhawatirkan api meletik ke hutan dan akan mengakibatkan kebakaran," ucapnya. 

Ia berharap sinergritas patroli gabungan ini tetap bisa dilaksankan demi keamanan hutan.

"Mari kita jaga kelestarian, keutuhan hutan jangan sampai gundul karena hutan yang lebat ini bisa memyimpan air dan bisa jadi sumber kehidupan bagi semua mahluk Allah yang ada di bumi. Inilah salah satu nikmat Allah yang harus kita syukuri dan Insya Allah akan ditambah lagi bentuk bentuk nikmat Allah yang lain, untuk anak cucu kita kedepan," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES