Indonesia Positif Ketahanan Informasi Budaya

Pantai Bantol Donomulyo Jalankan Ritual Jawa Kuno

Sabtu, 23 September 2017 - 19:03 | 90.38k
Subscribe TIMES TV KLIK
FOKUS

Ketahanan Informasi Budaya

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peringatan 1 Suro pada penanggalan Jawa digelar berbagai macam ritual. Seperti yang dilakukan oleh warga Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. 

Warga desa menggelar tradisi Jawa kuno yang disebut labuhan di Pantai Bantol Desa Banjarejo, Jumat (22/9/2017).

Pada acara tersebut para sesepuh dan Kades serta warga mempersembahkan sesaji yang di lemparkan ke ke laut. Warga desa percaya bahwa setelah diaakan acara labuhan , ladang dan buah-buahan tidak di ganggu oleh monyet, babi hutan dan binatang yuyu dari laut. 

Kegiatan labuhan dijaga ketat oleh anggota Polsek Donomulyo. Camat Donomulyo Marendra  Hengky Irawan S.Stp , M.Ap, Kapolsek Donomulyo Akp H Sardikan SE, SH, Danramil Dinomulyo Kapten Pitono, Kades Banjarejo Suliah, hadir dalam labuhan laut itu.

Pantai-Bontol-Donomulyo-BI5YGS.jpg

Pelaksanaan acara berjalan dengan lancar dan tertib. Suasana santai dan kekeluargaan sangat terasa. 

Pantai Bantol merupakan pantai yang Indah. Tak hanya bibir pantai dengan deburan ombak yang menggoda wisatawan, pemandangan alam di bawah hutan lindung seakan membuat wisatawan enggan beranjak.

"Kami mengajak warga masarakat bila akhir pekan tidak ramai ramai belanja ke kota , lebih baik ke pantai Bantol dengan harapan setelah melihat keindahan ciptaan Allah , hutan, pohon , ombak lautan ini merupakan ayat ayat yg tak tertulis sehingga bisa meningkatan kita kepada Allah SWT," kata Kapolsek Sardikan. 

Ia mengakui jarak Pantai Bantol cukup jauh dari Desa Donomulyo, namun akses jalan tidak terlalu sulit meski belum diaspal. 

Kapolsek berharap pemerintah daerah segera memperbaiki akses jalan menuju Pantai Bantol, agar jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat. 

Sebab selama ini Kapolsek menilai warga selalu bersemangat mempromosikan Pantai bantol ini. 

"Warga selalu semangat untuk berbenah untuk meningkatkan fasilitas sehingga dapat bersaing dengan pantai lain di Malang Selatan, kami berharap semua kegiatan wisata aman," pungkas AKP Sardikan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES