Peristiwa Daerah

Kapal Karam, Tujuh Pemancing Selamat Setelah Terapung Enam Jam

Sabtu, 23 September 2017 - 13:16 | 27.50k
Markas Sat Polair Probolinggo (foto: Happy/TIMES Indonesia)
Markas Sat Polair Probolinggo (foto: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tujuh pemancing yang sempat tenggelam di perairan Gili Ketapang ditemukan selamat. Sementara speed boat yang ditumpangi, tenggelam. Para korban selamat karena sempat memakai life jacket.

Sebelum dievakuasi, para korban ditemukan oleh nelayan tradisional. Sedang mengapung di sekitar koordinat S 07'36. 132' dan E 113'13. 436'.

"Selanjutnya kami evakuasi korban menggunakan kapal Hiu Paus 01 milik Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur," kata Wadanpos Kamladu Probolinggo Lanal Banyuwangi, Pelda Supriyadi. 

Para korban ditemukan dalam kondisi lemas dan kedinginan, setelah terapung di lautan selama sekitar enam jam lebih. Mereka kemudian dibawa ke RSUD M. Saleh untuk mendapat perawatan medis.

"Ombaknya terlalu besar, sehingga bilah kemudi pecah dan lambung depan juga pecah. Akhirnya kapal tenggelam," kata teknisi kapal, Mukhlas, sesaat setelah turun dari kapal penyelamat.

Terkait kecelakaan ini, Pelda Supriyadi menghimbau pada para nelayan maupun pemancing, untuk lebih berhati-hati saat pergi melaut. Sebab, ketinggian ombak di perairan Probolinggo berkisar antara 1,5 hingga 2 meter.

"Setidaknya pemancing maupun nelayan berhati-hati dan melengkapi diri dengan alat keselamatan saat berlayar. Sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ini, tidak sampai fatal," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES