Kesehatan

Hindari Makanan Ini Agar Tulang Tetap Sehat

Sabtu, 23 September 2017 - 05:34 | 45.17k
ILUSTRASI. Nyeri punggung. (Foto: cloudinary.com)
ILUSTRASI. Nyeri punggung. (Foto: cloudinary.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga makanan dan minuman sangat diperlukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Banyak orang tidak tahu bahwa ada makanan dan minuman yang bisa membuat kesehatan tulang memburuk. Dikutip dari Klik Dokter, berikut ini adalah makanan dan minuman yang bisa menghambat tubuh menyerap kalsium dan mengurangi kepadatan mineral tulang Anda.

Makanan Bersodium Tinggi
Semakin asin makanan Anda, makin banyak kalsium dalam tubuh yang hilang. Profesor kedokteran klinis di Columbia University yang juga juru bicara Yayasan Osteoporosis Nasional, Dr. Cosman, MD mengatakan, garam diketahui menyebabkan ekskresi kalsium berlebihan melalui ginjal. 

Sebuah studi yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada Desember tahun 2016, menemukan bahwa pria China yang memiliki kebiasaan makan makanan asin lebih rentan terhadap osteoporosis.

Camilan Manis
Pada dasarnya mengonsumsi gula tidak memiliki efek negatif pada tulang, namun orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula cenderung tidak mendapatkan nutrisi lain.

"Meskipun tidak ada hubungan yang terbukti antara gula dan efek negatifnya pada tulang, bahaya pada tulang dapat terjadi saat orang mengonsumsi terlalu banyak gula dan tidak cukup mendapatkan makanan kaya nutrisi yang mereka butuhkan," kata ahli gizi senior di The Women's Sports Medicine Centre, Heidi Skolnik, CDN.

Soda
Terlalu banyak mengonsumsi soda juga dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang. Rutinitas meminum soda dikaitkan dengan penurunan kepadatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition mencatat, wanita yang rutin mengonsumsi soda pasca menopause memiliki risiko patah tulang pinggul yang lebih tinggi.

Kafein
Sebuah studi yang diterbitkan di BMC Musculoskeletal Disorders pada Oktober tahun 2016, menemukan bahwa konsumsi kafein berkontribusi terhadap menurunnya kepadatan tulang pada wanita pasca menopause. 

"Kafein mengeluarkan kalsium dari tulang dan mengurangi kekuatannya," ungkap konsultan nutrisi di Mount Kisco, Dina Khader, RD, CDN.

Sedangkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition pada Januari tahun 2016 mengungkapkan, bila kafein dikonsumsi bersamaan dengan makanan bergula, maka efek negatif terhadap kesehatan tulang akan lebih besar.

Alkohol
Konsumsi alkohol kronis dan berat diketahui berkontribusi pada massa tulang yang rendah, penurunan pembentukan tulang, peningkatan fraktur, dan penyembuhan patah tulang yang tertunda. National Osteoporosis Foundation menyarankan agar membatasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 2-3 gelas sehari.

Daging Merah
Mengonsumsi terlalu banyak protein hewani ternyata bisa mengeluarkan kalsium dari tulang. Jika Anda menderita osteopenia atau osteoporosis, konsumsi daging merah harus dibatasi 4-6 ons per minggunya. 

Sebuah studi yang diterbitkan di Advances in Nutrition tahun 2017 mengungkapkan, mengurangi daging merah atau olahan serta minuman ringan dan makanan gorengan, semuanya berdampak positif pada kesehatan tulang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES