Peristiwa Daerah

Grand Festival Hadrah Al-Banjari Diikuti 21 Peserta Luar Daerah

Jumat, 22 September 2017 - 19:51 | 53.10k
Peserta Grand Festival Hadrah Al-Banjari SMAN 1 Glagah Banyuwangi tampil usai acara pembukaan, Kamis (21/9/2017). (Foto: Dian Effendi/TIMES Indonesia)
Peserta Grand Festival Hadrah Al-Banjari SMAN 1 Glagah Banyuwangi tampil usai acara pembukaan, Kamis (21/9/2017). (Foto: Dian Effendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Grand Festival Hadrah Al-Banjari se Jawa Timur dan Bali yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur berlangsung sukses. Dibanding tahun lalu, jumlah peserta mengalami peningkatan cukup signifikan.

Panitia mencatat, Grand Festival Hadrah ke 4 ini diikuti 56 peserta. Grup hadrah dari luar Banyuwangi sebanyak 21 peserta, dan 35 grup berasal dari Banyuwangi.

Grand Festival Hadrah Al-Banjari SMAN 1 Glagah Tahun 2017 dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Banyuwangi, Istu Handono pada Kamis pagi (21/9/2017) atau bertepatan dengan tahun baru Muharram 1439 Hijriah.

Kepala SMAN 1 Glagah, Sudiwinoto menyampaikan, Grand Festival Hadrah Al-Banjari merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sekolah. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 untuk memperingati tahun baru Islam.

“Grand Festival Hadrah Al-Banjari SMAN 1 Glagah merupakan cikal bakal lahirnya Hadrah Festival dalam agenda B-Fest,” jelas Sudiwinoto, Kamis (21/9/2017).

Lebih lanjut Sudiwinoto menjelaskan, festival ini juga turut mendorong program Religius and Art Smart yang diusung sekolah karena melibatkan para siswa dalam pelaksanaannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono, mengapresiasi kegiatan tersebut karena menjadi inspirasi lahirnya festival hadrah B-Fest.

“Disaat pelajar lain marak kebut-kebutan, siswa SMAN 1 Glagah justru giat berdzikir dan bershalawat,” tandas Sulihtiyono.

Selain itu, lanjut Sulihtiyono, kegiatan ini mampu membranding sekolah menjadi lebih universal karena tidak selalu berfokus dengan prestasi akademik, tapi juga memperhatikan kegiatan non akademik untuk siswa.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Banyuwangi, Istu Handono. Menurutnya, kegiatan Festival Hadrah mampu memperkuat karakter siswa.

“Saya sangat mengapresiasi karena kegiatan ini dimotori dan dilaksanakan oleh para siswa yang ikut kegiatan takmir masjid sekolah,” ujar Istu Handono.

Untuk memeriahkan tahun baru Islam 1439 Hijriah, selain menggelar Grand Festival Hadrah Al-Banjari, panitia juga mengadakan kegiatan jalan sehat dan bazar di lingkungan sekolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES