Peristiwa Daerah

Menjelang Verifikasi Nasional, FKS Situbondo Rakor Persiapan

Jumat, 22 September 2017 - 07:26 | 33.55k
Rapat Kordinasi oleh Forum Kota Sehat (FKS) Kabupaten Situbondo dalam rangka persiapan penilaian verifikasi kota sehat tingkat nasional, Kamis, (21/09/2017). (Foto: Uday/TIMES Indonesia)
Rapat Kordinasi oleh Forum Kota Sehat (FKS) Kabupaten Situbondo dalam rangka persiapan penilaian verifikasi kota sehat tingkat nasional, Kamis, (21/09/2017). (Foto: Uday/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Forum Kota Sehat (FKS) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur memaparkan beberapa progres persiapan yang sudah dilakukan dalam acara rapat koordinasi Persiapan Penilaian atau Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional di Pendopo Kota Santri Bumi Sholawat Nariyah, Kamis, (21/09/2017).

Tahun 2016 Kabupaten Situbondo sudah meraih "Sawasti Saba Padapa" untuk penilaiaan 3 tatanan yaitu Kawasan Permukiman dan Sarana Prasarana Umum. Lalu yang kedua Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi Sehat, dan yang ketiga Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri.

Namun tahun 2017 ini, Kabupaten Situbondo menambah 1 tatanan yaitu Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi. Di sini, Situbondo bersaing dengan 21 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang menjadi peserta kota sehat tingkat nasional untuk meraih "Swasti Saba Wiwerda" dengan penilaian 4 tatanan. 

Agus Ari Cahyadi, ketua Forum Kota Sehat (FKS)  Kabupaten Situbondo mengungkapkan kesiapannya untuk mengikuti penilaian tingkat nasional. Dalam hal ini, sudah dilakukan finalisasi beberapa titik pantau dalam setiap tatanan. 

"Evaluasi ini kita lakukan untuk mengetahui kesiapan titik pantau dalam menghadapi penilaian tingkat nasional," katanya usai mengikuti rapat koordinasi persiapan penilaian tersebut. 

Dia menambahkan keberhasilan penilaian tersebut tidak lepas dari peran penting pemangku kebijakan yang menjadi pembina teknis di wilayah titik pantau yang sudah ditentukan. 

Sementara itu, Sekretaris Bapedda Kabupaten Situbondo, Edi Wiyono selaku pembina teknis menyampaikan keyakinan bahwa Kabupaten Situbondo bisa meraih penghargaan "Sawasti Saba Wiwerda".

"Kita optimistis tahun 2017 ini akan meraih penghargaan Wiwerda, kita sudah mempersiapkan beberapa titik pantau yang akan menjadi penilaian tingkat nasional, " ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES