Kesehatan

Ingin Berumur Panjang, Lakukan Hal Ini

Kamis, 21 September 2017 - 05:35 | 36.81k
ILUSTRASI. Olahraga menjadi salah satu cara agar badan bugar dan berumur panjang. (Foto: nbcnews.com)
ILUSTRASI. Olahraga menjadi salah satu cara agar badan bugar dan berumur panjang. (Foto: nbcnews.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki umur panjang dan sehat menjadi keinginan sebagian besar masyarakat. Untuk mewujudkan impian besar ini, Anda tidak perlu menginap semalam suntuk tujuh hari berturut-turut di dalam gym hanya demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Terkadang, hanya dengan melakukan hal kecil Anda bisa dengan sendirinya membantu menjaga kesehatan tubuh.

Apa saja kebiasaan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh Anda? Dilansir dari Hello Sehat, berikut ini beberapa hal yang bisa jadi cara mudah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Aktivitas Fisik
Kunci hidup sehat adalah aktif bergerak. Anda salah satu orang yang suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton serial sinetron atau drama di TV? Anda tetep bisa produktif melakukan aktivitas fisik saat sedang nonton TV. Caranya sederhana, manfaatkan waktu iklan sebagai ajang untuk melakukan peregangan otot, push up, sit up, atau pun plank.

Jadi, tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia meskipun Anda sedang nonton TV. Selain memanfaatkan jeda waktu iklan ketika Anda menonton TV, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya, bersih-bersih rumah, naik turun tangga, berkebun, jalan santai, dan lain sebagainya. 

Cukup Tidur
Selain aktif beraktivitas, Anda juga harus mencukupi waktu tidur Anda. Pasalnya, tidur adalah sebuah kebutuhan paling mendasar yang menjadi sebuah dasar di mana pikiran dan tubuh sehat terbentuk. Jika hal tersebut goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, waktu tidur ideal setiap orang berbeda-beda. Namun, para pakar setuju jika waktu tidur ideal rata-rata orang dewasa berkisar 7 sampai 9 jam setiap malamnya. Jadi, untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai sekarang cukupi waktu tidur Anda dan hindari begadang sampai larut malam.

Banyak Minum
Air merupakan kebutuhan paling mendasar untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan fungsi sebagaimana mestinya. Di sisi lain, Anda juga akan lebih berisiko mengalami dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, ini akan menguras energi sehingga membuat Anda lebih cepat lelah.

Banyak orang mengatakan kalau kita harus mencukupi kebutuhan minum air putih 8 gelas setiap hari. Padahal, belum tentu. Pasalnya, kebutuhan air tiap orang berbeda-beda. Bisa jadi Anda butuh minum air kurang atau bahkan lebih dari rekomendasi tersebut. Yang terpenting, jangan tunggu Anda merasa sampai haus baru minum air putih.

Makan Perlahan
Banyak orang mengaku kalap dan lupa diri saat melihat banyak makanan berjejeran di depan mata. Rasanya, semua yang ada di depan ingin dinikmati secepat mungkin. Tidak jarang, hal ini membuat Anda makan dengan cepat, sehingga Anda tidak sadar telah makan dalam porsi besar dan mendapatkan kalori yang tinggi.

Padahal, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal Academy of Nutrition and Dietic, mengonsumsi makanan secara perlahan sangat berpengaruh besar dalam mengurangi jumlah kalori dalam tubuh Anda. Ketika makan dengan lebih lambat, tanpa sadar Anda sudah kenyang padahal baru makan dalam porsi yang lebih kecil.

Akibatnya, makan perlahan secara tidak langsung dapat mengendalikan berat badan yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya obesitas. Selain itu, makan secara perlahan juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan membuat Anda merasa lebih kenyang meskipun jumlah makanan yang Anda konsumsi tidak banyak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES