Pendidikan

Inilah Amalan-Amalan Selama Bulan Muharram

Rabu, 20 September 2017 - 15:05 | 619.58k
Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Bulan Muharram
Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Bulan Muharram

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada banyak amalan yang bisa dilakukan umat Islam selama bulan Muharram. Baik mulai dari puasa sunnah atau bacaan dzikir yang dianjurkan oleh Islam.

Menurut KH Abd Kholiq Hasan, Wakil Rais Syuriyah PCNU Jombang, Jawa Timur dan telah ditashhih oleh KH Abdul Nashir Fattah, selaku Rais Syuriyah PCNU Jombang, dalam puasa pada akhir bulan Dzulhijjah atau akhir tahun Hijriyah bisa dengan niat sebagai berikut: 

Niat-PuasaNi4gb.jpg

“Saya niat puasa sunnah besok karena Allah Ta’ala”

Hal tersebut sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW yang disebutkan oleh Ibnu Hajar menyebutkan dalam sebuah hadits dari Hafshah: Sesungguhnya Nabi Muhammad SWA bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa di akhir hari bulan Dzulhijjah dan awal bulan Muharram maka Allah menjadikan puasa itu sebagai penghapus dosa (kafarat) 50 tahun. Dan puasa sehari di bulan Muharram pahalanya seperti puasa 30 hari (satu bulan).”

Selanjutnya adalah, setelah shalat Ashar dianjurkan untuk membaca do’a sebagai berikut sebanyak tiga kali:

Doa-Setelah-AsarJpnTS.jpg

Tak hanya itu, pada malam tanggal 1 Muharram umat Islam bisa melakukan diantaranya: Pada malam awal tahun atau malam tanggal 1 Muharram setelah shalat Maghrib dan sesudah (ba’diyah) shalat Maghrib, membaca ayat kursi sebanyak 360 kali.

Pada setiap membaca ayat kursi dimulai dengan membaca basmalah. Setelah selesai membaca ayat kursi lalu membaca do’a sebagai berikut:

Setelah-ayat-kursiYGcgq.jpg


Selanjutnya adalah membaca ayat kursi dan basmalah serta diakhiri dengan doa tersebut. Karena doa tersebut mempunyai hikmah yang besar. “Insya Allah orang yang mengamalkannya akan terjaga dari hal-hal yang tidak menyenangkan dalam tahun itu, dan terjaga dari syetan. Bacaan tersebut merupakan benteng yang sangat kokoh,” tulis Kiai Abd Kholiq Hasan.

Selama bulan Muharram, umat Islam juga disunnahkan untuk melaksanakan puasa satu hari di awal tahun pada tanggal 1 Muharram. Adapun niatanya sebegai berikut:


Umat Islam juga disunnahkan untuk berdoa setiap hari dari tanggal 1 Muharram sampai dengan tanggal 10 Muharram sebanyak 3 kali. Berikut doa yang dianjurkan untuk dibaca: 

Doa-awal-tahunmhc7vo.jpg


Umat Islam juga disunnahkan untuk puasa pada tanggal 9 (puasa Tasu’ah) dan 10 (puasa Asyura) bulan Muharram. Adapun dalil puasa Tasu’ah dikuatkan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa: 

“Ketika Rasullullah SAW melakukan puasa hari Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata: “Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila tiba tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan: “Belum sampai tahun depan, Rasulullah SAW sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim: 1916)

Adapun dalil puasa Asyura, diriwayatkan oleh Muslim dari Abi Qatadah: Sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang puasa pada hari Asyura. Beliau pun menjawab, “(Puasa
tersebut) melebur dosa setahun yang telah lalu.” (HR. Muslim: 1977).

Selain amaliah-amaliah di atas, Imam Ibnu alJauzi menjelaskan bahwa ada 15 macam kebaikan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Asyura, yaitu: Bersedekah kepada fakir miskin. Mengusap kepala anak yatim. Memberi buka orang yang berpuasa. Menyiramkan air. Mengunjungi saudara seagama. Mandi. Menjenguk orang sakit. Memuliakan dan berbakti kepada kedua orang tua. Menahan amarah dan emosi. Memaafkan orang yang berbuat aniaya pada hari Asyura. Memperbanyak shalat, doa, dan istighfar.

Selain itu, juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir. Menyingkirkan apa saja yang mengganggu orang di jalan. Berjabat tangan dengan orang yang dujumpai. Memperbanyak membaca surat al-Ikhlash sampai seribu kali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES