Indonesia Positif

Angkat Tema Keberagaman, SMK Nurul Jadid Juara Festival Film

Minggu, 17 September 2017 - 11:38 | 130.12k
Siswa  SMK Nurul Jadid yang menjuarai festival pendek Pijar Merah Putih karya Masa Production SMK Nurul Jadid, Paiton Probolinggo, Jatim. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Siswa SMK Nurul Jadid yang menjuarai festival pendek Pijar Merah Putih karya Masa Production SMK Nurul Jadid, Paiton Probolinggo, Jatim. (Foto: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Film pendek Pijar Merah Putih karya Masa Production SMK Nurul Jadid, Paiton Probolinggo, Jatim, menjadi juara 2 dalam Short Movie Competition di ajang Word Education Expo Indonesia (WEEI) ke-6, Minggu (17/9/2017) akhir pekan lalu di Surabaya.

Film yang mengangkat tema kebhinnekaan ini, unggul dari film Begins with A Dream dari SMA Negeri 3 Sidoarjo yang berada di posisi ketiga. Sedangkan posisi pertama, ditempati film Segara dari komunitas film maker mahasiswa Malang.

Pijar Merah Putih yang disutradarai Mujiburrohman ini, mengangkat isu keberagaman. Isu ini  masih berhubungan dengan tema WEEI: The Future in You. Film ini mendeskripsikan masa depan Indonesia yang harmonis dan damai di tengah isu perpecahan bangsa karena perbedaan.

Bagi Masa Production, ini merupakan prestasi kedua setelah sukses di Festival Taman Film Bandung beberapa waktu lalu, lewat film berjudul Literasi.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan di lingkungan Pesantren Nurul Jadid, awalnya tidak menyangka film karya kami bisa menyabet juara, karena karya 3 finalis lainnya juga sangat bagus dan professional. Baik dari segi pengambilan gambar dan editingnya, kata Mujiburrohman.

WEEI  merupakan salah satu pameran pendidikan terbesar di Indonesia, yang kali ini digelar di empat kota besar: Jakarta, Medan, Surabaya dan Bali. Pameran pendidikan yang diikuti perwakilan kampus puluhan negara ini, dilaksanakan sebagai wadah bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studinya di universitas dari dalam dan luar negeri. 

Kegiatan ini diorganisir oleh My Study World yang berpusat di Jakarta sebagai salah satu portal media sosial dan informasi pendidikan terbaik di Indonesia. Tahun ini mengangkat tema Futuristic dengan tagline The Future in You. 

Tema ini diangkat karena percaya bahwa setiap siswa di Indonesia berhak menerima informasi pendidikan yang lengkap tepat untuk masa depan mereka. 

Selain menyelenggarakan pameran pendidikan, WEEI 2017 juga mengadakan Talkshow Perfilman dan Short Movie Competition, sebuah kompetisi film pendek yang bertujuan agar bisa menjadi wadah kreatif para pelajar, untuk dapat kembangkan bakat di bidang perfilman.

Dewan jurinya adalah aktor Morgan Oey dan sutradara Ivan Bandhito. Kegiatan diawali dengan Nonton Bareng Film Pendek 4 finalis dengan judul Segara dari komunitas film maker mahasiswa Malang, Begins with A Dream dari SMAN 3 Sidoarjo, Pijar Merah Putih dari Masa Production SMK Nurul Jadid, dan Time Walker dari SMA Kristen Surabaya. 

Usai Nobar dan Talk show Perfilman yang diisi langsung oleh Morgan Oey dan Ivan Bandhito sampai pada akhirnya juara Short Movie Competition diumumkan, Juara 1 diraih Segara, Juara 2 diraih Pijar Merah Putih dan Juara 3 diraih Begins with A Dream. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-2 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES