Peristiwa Daerah

Berkunjung ke Situbondo Jangan Lupa Cicipi Nasi Sodu

Rabu, 20 September 2017 - 09:53 | 117.70k
Nasi Sodu makanan khas Kabupaten Situbondo, (Foto : Uday/TIMESIndonesia)
Nasi Sodu makanan khas Kabupaten Situbondo, (Foto : Uday/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi Times lover yang suka kuliner dan traveling wajib mampir dan mencoba makanan nasi Sodu. Nasi ini makanan khas Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. 

Nasi Sodu ini bisa dijumpai di sepanjang jalan pantura di Situbondo, khususnya di Pasar Kecamatan Asembagus.

Anda yang mungkin akan melintas ke Pulau Dewata atau balik dari Bali, tidak ada salahnya kalau mampir dulu di warung-warung sepanjang jalan Kecamatan Asembagus sembari melepas penat dan mengisi perut yang kosong. 

Menu andalan masyarakat Kota Santri Bumi Sholawat Nariyah ini sederhana yaitu nasi putih atau nasi jagung yang disirami santan dan labu dengan bumbu yang sudah diolah dengan disertai ikan tongkol dan sambal. 

Selain memiliki rasa dengan bumbu yang khas, nasi Sodu murah, meriah dan enak. Makanan tersebut masih menjadi buruan di Situbondo sebagai menu andalan dan makanan favorit. 

Bakri, wisatawan asal Jember,  yang hendak ke Banyuwangi mengaku ketagihan dengan rasa nasi Sodu. Ia selalu mampir di warung langganannya jika ke Situbondo, yakni Warung Latifah yang berada di depan kantor Desa Asemabagus

"Nasi Sodu ini enak dan murah, saya sering ke sini, " ucapnya. 

Yogie Kripsian Sah, Kepala Bidang Bina Desa di Dinas PMD Kabupaten Situbondo juga penggemar kuliner khas di Kota Santri ini ketika bertugas atau melewati Kecamatan Asembagus. 

"Selain murah, Nasi Sodu ini adalah menu favorit saya. Kalau ke arah Timur (Melewati Kecamatan Asembagus) pasti saya mampir, " katanya sambil tersenyum dengan santun yang khas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES