Kesehatan

Awas, Stres Dapat Memicu Sakit Maag

Rabu, 20 September 2017 - 05:28 | 38.58k
ILUSTRASI. Stres dapat memicu sakit maag. (Foto: uccdn.com)
ILUSTRASI. Stres dapat memicu sakit maag. (Foto: uccdn.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Stres tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Stres yang Anda alami dapat berkontribusi terhadap penyakit. Salah satunya adalah sakit maag. Stres dalam tubuh terbagi menjadi dua, yaitu stres emosional dan stres fisiologis. Kedua jenis stres ini sama-sama dapat menimbulkan sakit maag.

Stres fisiologis berhubungan dengan tekanan langsung terhadap tubuh, seperti pada mereka yang sedang sakit kritis. Ketika stres fisiologis berlangsung, produksi lapisan lendir yang melindungi lambung berkurang. Akibatnya, asam lambung dapat menyebabkan perlukaan pada permukaan lambung.

Stres emosional adalah stres yang terjadi ketika Anda menghadapi tantangan atau merasa tertekan. Stres emosional pun dapat mengundang sakit maag. Studi membuktikan bahwa stres emosional meningkatkan CRH (corticotrophin-releasing hormone), yang membuat lapisan lendir pelindung lambung mudah ditembus oleh asam lambung.

Lalu, bagaimana cara mengatasi stres agar terhindar dari sakit mag? Seperti dilansir dari Klik Dokter, untuk stres fisiologis tentunya ditangani dengan mengobati penyakit dasarnya. Sementara itu, untuk stres emosional dapat dilakukan latihan bernapas yang bertujuan menenangkan Anda.

Caranya, carilah posisi yang nyaman. Tarik napas melalui hidung secara perlahan. Untuk memudahkan Anda, hitung hingga lima saat menarik napas. Setelah itu, buang napas melalui mulut secara perlahan, hitung kembali hingga lima sembari membuang napas. Lakukan latihan ini selama 3 hingga 5 menit.

Nah, jika Anda ingin meringankan stres yang Anda alami, lakukan latihan di atas, dan hindari kebiasaan yang bisa memicu situasi tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES