Peristiwa Daerah

Diskopum Banyuwangi Dorong Koperasi Tak Hanya Lakukan Simpan-Pinjam

Selasa, 19 September 2017 - 19:41 | 49.16k
Alief R Kartiono (dua dari kiri) menyampaikan sambutannya dalam pembukaan pelatihan untuk pengurus koperasi wanita. (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Alief R Kartiono (dua dari kiri) menyampaikan sambutannya dalam pembukaan pelatihan untuk pengurus koperasi wanita. (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mendorong koperasi-koperasi di Bumi Blambangan tidak hanya melayani simpan-pinjam, namun juga terjun ke sektor riil.

"Sudah saatnya koperasi lebih maju. Memiliki bidang usaha riil, tidak berkutat hanya di aktifitas simpan pinjam," kata Plt Kepala Diskopum Banyuwangi Alief Rachman Kartiono, kepada TIMES Indonesia, Selasa (19/9/2017).

Dia mengatakan, hal itu juga telah disosialisasikannya dalam acara pembukaan kegiatan pelatihan pembuatan produk makanan untuk ratusan peserta perwakilan koperasi wanita se-Kabupaten Banyuwangi.

Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Diklat Koperasi dan Usaha Provinsi Jawa Timur dan digelar di Blambangan Ballroom, Hotel Ketapang Indah,Senin (18/09/2017).

"Saya sangat apresiasi kepada Koperasi Wanita  Riski Karomah, Kecamatan Licin dan Koperasi Wanita Mawar Mekar, Kecamatan Pesanggaran. Dua koperasi inilah yang sejauh ini telah sukses memiliki usaha di bidang retail. Ayo koperasi lain bangkit. Pasti bisa dan yang pasti dapat lebih maju," ajak Alief dalam sambutannya.

Alief mengatakan, koperasi wanita adalah support pertumbuhan ekonomi mikro di masing-masing desa sehingga pembangunan usaha koperasi ini penting untuk dilakukan.

Dalam kesempatan itu, Alief juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada UPT Diklat Pemprov Jawa Timur yang telah menggelar pelatihan di Banyuwangi.

Peserta mendapatkan pelatihan selama 2 hari dan mendapatkan materi membangun komitmen antara anggota dengan koperasi, strategi pembangunan bisnis, sampai praktik langsung pembuatan aneka kue kering dan praktik pembuatan ikat celup.

Acara pembukaan juga dihadiri Kasubbag TU UPT Diklat Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Thoriq Abdul Hakim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES